HUBUNGAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN BOOK VALUE PER SHARE (BVS) DENGAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013

ROMLIAH HAMIDAH, . (2014) HUBUNGAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN BOOK VALUE PER SHARE (BVS) DENGAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ROMLIAH HAMIDAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan fakta dan data yang tepat tentang hubungan Debt to Equity Ratio (DER) dan Book Value per Share (BVS) dengan harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 464 perusahaan. Populasi terjangkaunya adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia pada tahun 2013, perusahaan manufaktur yang mengeluarkan laporan keuangan tahun 2013 yang telah diaudit, dan perusahaan manufaktur yang memiliki ekuitas positif yang berjumlah 122 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu terdapat 89 perusahaan. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 1.236,940 – 515,618X1 + 0,977X2. Model regresi berganda dinyatakan bebas dari uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa DER dan BVS secara simultan terdapat hubungan yang siginifikan dengan harga saham. Hasil analisis secara parsial DER memiliki hubungan negatif signifikan dengan harga saham dan BVS memiliki hubungan positif signifikan dengan harga saham perusahaan manufaktur di BEI tahun 2013. ********* This research was aimed to obtain information and knowledge based on facts and accurate data on the correlation Debt to Equity Ratio (DER) and Book Value per Share (BVS) with stock prices at manufacturing companies listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2013. The method used are correlation method with secondary data. The population in this research is all companies listed on the Indonesian Stock Exchange totaling 464 companies. Population inaccessibility are the manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013, the manufacturing company that issued financial statements that were audited in 2013, and manufacturing companies that have positive equity totaling 122 companies. The sampling method used was simple random sampling, which contained 89 companies. Of test requirements analysis, data were showed normally distributed with a multiple regression equation Ŷ = 1.236,940 – 515,618X1 + 0,977X2 . Multiple regression model was declared free of classical assumption test. The results of this research indicate that DER and BVS simultaneously there is a significant correlation with stock prices. The results analysis of partial DER has a significant negative correlation with stock prices and BVS has a significant positive correlation with stock price at manufacturing company's on the Indonesia Stock Exchange in 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, M.M ; 2). Susi Indriani, M.S.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 17:04
Last Modified: 08 Jan 2021 17:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item View Item