UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP KERJASAMA KOLEGA DAN PELANGGAN SMK Kawula Indonesia

SARI PERTIWI, . (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP KERJASAMA KOLEGA DAN PELANGGAN SMK Kawula Indonesia. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Interaktif Learning pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip Kerjasama Kolega Dan Pelanggan. Dengan diterapkannya model pembelajaran Interaktif Learning ini, diharapkan dapat membantu proses pemahaman siswa dalam proses kegiatan belajar sehingga secara otomatis memberi pengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas selama 1 bulan dari bulan Januari 2014 dengan melalui 2 siklus. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran I di SMK Kawula Indonesia Jakarta Timur pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip Kerjasama Kolega Dan Pelanggan. Dalam pelaksanaanya, peneliti ini dilakukan secara berulang dengan mengkuti tahap siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari model pembebelajaran Interaktif Learning 2. Indikator dari hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif Learning. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Interaktif Learning telah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Keberhasilan model pembelajaran Interaktif Learning dapat tercapai karena adanya kerjasama antara peneliti dan siswa. Berdasarkan data yang didapat, hasil perolehan rata-rata kelas pada siklus pertama sebesar 69,62 terjadi kenaikan 7% sedangkan pada siklus kedua sebesar 80,74 terjadi kenaikan sebesar 7 14%. Oleh sebab itu, penerapan model pembelajaran Interaktif Learning diharapkan dapat diterapkan oleh para pendidik selain pendidik mata pelajaran (Menerapkan Prinsip Kerjasama Kolega Dan Pelanggan.) sebagai inovasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat membantu proses kegiatan belajar siswa. ************ This research is rationale is improving student studing outcome through the application of Interaktif Teaching Learning model in doing administration procedure. Through this Interaktif Teaching Learning model student expected to be more understanding the learning procces so that automatically influencing the improvement of study outcome. This research has being completed using classroom action research method which applied in one month during January 2014, all through two sequence. The subject of this classroom action research are student of X office Administration 1 level on doing administration procedure subject in SMK Kawula Indonesia East Jakarta. In the submission this classroom action research have been performed repetitively using sequence that have been set until the target of Interaktif Teaching Learning are model fulfilled. The indicator of assesement of student outcome improvement that student get after occurring learning activity procces using Interaktif Teaching Learning model. The result of these research states that the application of Interaktif Teaching Learning model have giving positive influence to student learning outcome. The achievement of Interaktif Teaching Learning model can be attained since there is cooperation between teacher and student. Based on data which have been acquired, average rate classroom result at the first step is round 69,62 its increasing 7%. While at the second step the average rate classroom result is 80,74 its increasing 14%. At the result of that the application of Interaktif Teaching Learning model are wish to be attained by theacher (except ecpnpmy subject teacher) as an innovation in learning model so that can help student learning activity process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Parimita, SE,. MPA ; 2). Umi Widyastuti, SE.,ME
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 17:19
Last Modified: 08 Jan 2021 17:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item