PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

IKA MARIATI PUTRI, . (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IKA MARIATI PUTRI 1815128671.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran berbasis Problem Posing pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur, yang berlokasi di Jl. Pemuda No. 6 Kelurahan Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan November 2015 dengan pengambilan data pada bulan Januari 2016 pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian melalui pembelajaran berbasis Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Pada siklus I dan II hasil belajar matematika mencapai 29,41% dan 85,20%. Pencapaian hasil pemantau tindakan guru dan aktivitas siswa pada siklus I dan II sebesar 62,59% dan 82,37%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis Problem Posing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Dra. Endang M Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Nov 2019 15:58
Last Modified: 06 Nov 2019 15:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item