A. ISKANDAR HAJAR, . (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENJAMINAN MUTU PADA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN KOTABUMI POLITEKNIK KESEHATAN TANJUNGKARANG PROVINSI LAMPUNG. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan. Penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan. Evaluasi program digunakan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi penjaminan mutu yang meliputi konteks, input, proses dan produk. Materi dan Metode.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian evaluasi menggunakan model context, input, proses dan produk. Hasil. Kompenen konteks meliputi Program Penjaminan Mutu yang mencakup visi, misi dan tujuan, renstra dan tri dharma perguruan tinggi. Komponen input meliputi perencanaan program penjaminan mutu yang mencakup kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa dan kalender pendidikan. Komponen proses meliputi pelaksanaan penerapan program penjaminan mutu yang mencakup program tri dharma perguruan tinggi, proses belajar mengajar dan penilaian. Komponen hasil meliputi pencapaian penerapan program penjaminan mutu yang mencakup kepuasan mahasiswa, prestasi mahasiswa dan prestasi dalam menerapkan standar pelayanan minimal perguruan tinggi. Diskusi dan Kesimpulan. 1) Evaluasi program dalam komponen konteks bahwa Standar Pelayanan Minimum (SPM) merupakan spesifikasi teknis tentang tolak ukur dan acuan dalam pelayanan minimal, persiapan pelaksanaan penjaminan mutu mendapat dukungan dari semua jajaran institusi untuk memasyarakatkan budaya mutu kepada civitas akademika,visi, misi dan tujuan institusi mutlak dipahami oleh setiap personil kemudian dijabarkan dalam kegiatan pendidikan, Rencana Strategi Prodi Keperawatan Kotabumi tahun 2008 - 2012 disusun dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki pada seluruh aspek kegiatan institusi dianalisis dan sedapat mungkin dicantumkan dalam penyusunan rencana stragis. 2) Evaluasi Program dalam komponen input bahwa saat ini Program Studi Keperawatan Kotabumi melaksanakan dua kurikulum yaitu kurikulum kurikulum tahun 2011 dan tahun 2014, Prodi Keperawatan Kotabumi adalah pendidikan vokasional memiliki tugas untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang terampil dalam memberikan asuhan keperawatan, unggul dalam soft skill dan mandiri dalam pelayanan home care, efisiensi internal dan eksternal, efisiensi internal yaitu dengan meningkatkan sumber-sumber daya pendukung yang ada, baik itu fisik maupun sumber daya manusia. 3) Evaluasi program dalam komponen proses, meliputi pelaksanaan kurikulum, struktur kurikulum mencakup komponen utama dan komponen pendukung yang mencakup berbagai kajian ilmiah yang mendukung pengembangan atau tercapainya tujuan pendidikan yang tergamba dalam Renstra Program Studi. 4) Evaluasi program dalam kompunen produk bahwa kepuasan mahasiswa dalam menempuh studi dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata kelulusannya rata-rata IPK = 3,02, untuk lama studi program D3 rata-rata lama studi 3 tahun, pelaksanaan Program Penjaminan Mutu sudah berjalan cukup memadai, organisasi yang menangani tentang penjaminan mutu yang diberi nama Unit Penjaminan Mutu Program Studi.***** Introduction. Quality assurance of higher education is the process of determining and fulfilling the quality standards of higher education management consistently and continuously, so that stakeholders get satisfaction. Program evaluation is used to determine the achievement of program objectives that have been implemented. The purpose of this research is to evaluate the implementation of quality assurance which includes context, input, process and product. Materials and Methods. This research uses a qualitative approach with the evaluation research method consisting of the context, input, process and product (CIPP) models. Results. Context components include the Quality Assurance Program which includes the vision, mission and goals, strategic planning and tri dharma of higher education. The input component includes the planning of a quality assurance program that includes curriculum, funding, facilities and infrastructure, educators and education staff, students and the education calendar. The process component includes the implementation of the quality assurance program which includes the tri dharma program for tertiary institutions, teaching and learning and assessment. The results component includes the achievement of the implementation of a quality assurance program that includes student satisfaction, student achievement and achievement in applying the minimum service standards of tertiary institutions. Discussion and Conclusions. 1) Evaluation of the program in the context component that the Minimum Service Standards (MSS) have the support of all levels of institutions to promote quality culture to the academic community, vision, mission and institutional goals. 2) Program Evaluation in the input component is implementing two curricula, namely the 2011 curriculum and 2014 that has the task of producing skilled nursing staff. 3) Program Evaluation in the process, the curriculum structure includes the main components and supporting components which include various scientific studies that support the development or achievement of educational goals embodied in the Study Program Strategic Plan. 4) Evaluation of the program in the product that student satisfaction in studying is seen from the Grade Point Average (GPA, for the duration of the D3 program study. Implementation of the Quality Assuis quite adequarance is adequate. The organization that deals with quality assurance are named the Department Quality Assurance Unit.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.M., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ma'ruf Akbar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Manajemen > Manajemen , Business |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 708 not found. |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 09:50 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 09:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12351 |
Actions (login required)
View Item |