PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK (Studi Eksperimen Kelas XI SMKN 34 Jakarta)

Eka Nur Wulandari, . (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK (Studi Eksperimen Kelas XI SMKN 34 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (856kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (479kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (58kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaanmetode mind mapping terhadap hasil belajar instalasi penerangan listrik denganperbedaan kemampuan awal yang dimiliki masing-masing siswa kelas XI ListrikSMKN 34 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental,menggunakan metode mind mapping dan menggunakan metode inkuiri. Pada masing-masing kelompok yang telah diberikan perlakuan yang berbeda akandibagi kembali menjadi dua kelompok disetiap kelasnya yaitu kelompok siswadengan kemampuan awal tinggi dan kelompok siswa dengan kemampuan awalrendah . proses pengumpulan data dilakukan dengan nilai rapor dan pre-test gunamenentukan kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah.Dalam penentuan kelompok tersebut maka perlu dilakukan uji koefisien korelasiantara nilai rapor dan hasil pre-test, dalam uji tersebut diperoleh hasil korelasiyang tinggi dengan hubungan positif sehingga dalam penentuan kelompokkemampuan awal menggunakan hasil pre-test karena dalam penentuan hasilmenggunakan soal pre-test yang dikembangkan menjadi soal post-test.memperkuat hasil penelitian pada kedua kelas. Data yang telah terkumpul akandiolah dengan uji ANAVA dua jalur dan uji lanjutan yaitu uji tuckey setelah datamemenuhi persyaratan normal dan homogen. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel yakni 80,94 >69,33 pada taraf signifikan 5%. demikian pula uji lanjutan dengan uji tuckeymenunjukan bahwa nilai Qhitung = 11,06 yang bernilai lebih besar dari Qtabel(0,05; 2/32)= 2,88. Hipotesis kedua menunjukan Qhitung yaitu 9,89 > Qtabel yaitu 4,05 pada tarafnyata α = 0,05. Hipotesis ketiga menunjukan Qhitung yaitu 5,80 > Qtabel yaitu 4,05pada taraf nyata α = 0,05. Hipotesis ke empat perhitungan ANAVA diperoleh hasilFhitung untuk faktor interaksi yaitu 4,16 lebih besar daripada Ftabel yaitu 3,89 padataraf nyata α = 0,05. Sehingga diperoleh hasil Fhitung > Ftabel, serta uji tuckeymenunjukan bahwa nilai Qhitung = 11,95 yang bernilai lebih besar dari Qtabel(0,05; 4/16)= 4,05. Dan hipotesis kelima diperoleh hasil Fhitung untuk faktor interaksi yaitu 4,16lebih besar daripada Ftabel yaitu 3,89 pada taraf nyata α = 0,05. Sehingga diperolehhasil Fhitung > Ftabel, maka hipotesis nol (Ho) di tolak dan H1 diterima. Daripembuktian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh metodepembelajaran mind mapping dengan perbedaan kemampuan awal terhadap hasilbelajar instalasi penerangan listrik kelas XI pada SMKN 34 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Soeprijanto, M.Pd, ; 2). Massus Subekti,S.Pd., MT,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jan 2021 13:50
Last Modified: 22 Jan 2021 13:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item