Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta

Fadzal Ikhtiar, . (2019) Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (43kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
11c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
11d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
11e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses pendidikan dapat ditentukan oleh tinggi rendahnyaprestasi belajar mahasiswa yang dapat dilihat dari nilai evaluasi belajar, baik nilaievaluasi di setiap semester maupun rekapitulasi nilai Indeks Prestasi Kumulatif(IPK).Dalam Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta,memiliki rata-rata IPK sebesar 3,1. Angka tersebut jauh dariangka 3,50(cumlaude).Haltersebut terjadi karena prestasi belajar dipengaruhi berbagai faktordiantaranya interaksi sosial dan motivasi belajar.Tujuandari penelitian ini adalahuntuk mengetahui: (1).Pengaruh langsungantara interaksi sosial terhadap prestasibelajarmahasiswa;(2). Pengaruhlangsung antara motivasibelajarterhadap prestasibelajarmahasiswaJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu metodesurveydenganpendekatan kausal dan subjek penelitian (responden) tidak dimanipulasi ataudiberikanperlakuan khusus oleh peneliti.Populasi yang digunakan dalampenelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro pada tahunajaran 2017/2018semester 2yang terdiri dari 415mahasiswa, dan sampelyangdiambil sebanyak 80 mahasiswa dengan menggunakan tekniksimple randomsampling.Proses pengumpulan data didapat daridata primerhasil pengisianinstrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likertdan datasekunder berupa IP mahasiswa dari UPT TIK Universitas Negeri Jakarta.Data yangtelah terkumpuldiolah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis), setelahdata memenuhi persyaratan normal, homogen, signifikan dan linierdengan tarafkesalahan 10%.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1). Nilai koefisien jalur()sebesar 0,223dengan thitung= 2,052pada α = 0,1diperoleh ttabel= 1,29. Karenanilai thitung= 2,052> ttabel=1,29, maka koefisien jalur signifikan. Dari perhitungandisimpulkan bahwa interaksi sosialberpengaruh langsung terhadapprestasi belajar.(2).Nilai koefisien jalur () sebesar 0,229dengan thitung=2,082pada α = 0,1diperoleh ttabel= 1,29. Karena nilai thitung=2,082> ttabel=1,29, maka koefisien jalursignifikan. Dari perhitungan disimpulkanbahwa motivasi belajar(X2) berpengaruhlangsung terhadap prestasi belajar (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd ; 2). Dr. Daryanto,M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2021 16:56
Last Modified: 22 Jan 2021 16:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item