PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATAPELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 88 JAKARTA

TIWI AULIA PURBATI, . (2014) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATAPELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 88 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang Pengaruh Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Matapelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 88 Jakarta Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen faktorial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 88 Jakarta yang berjumlah 631 siswa. sampel yang digunakan adalah sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan dalam prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 dan untuk bimbingan belajar merupakan data sekunder yang datanya diperoleh dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, mengenai siswa yang mengikuti bimbingan belajar diluar sekolah, sedangkan instrument untuk motivasi belajar dalam bentuk kuisioner dengan 29 pernyataan. Dari syarat uji penelitian, di ketahui bahwa sampel berasal karena thitung lebih besar dari ttabel dan juga uji homogenitas kolom Sig adalah 0,822 lebih besar dari 0,05, sehingga H0 diterima, dengan kata lain bahwa sampel-sampel tersebut berasal dari populasi yang homogen. Dari penelitian ini diketahui: Terdapat perbedaan siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar terhadap Prestasi belajar Ekonomi di SMA N 88 Jakarta, Terbukti Fhitung > Ftabel pada α = 0,05 atau 22,69 > 3,98, terdapat perbedaan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan memiiki motivasi belajar rendah terhadap Prestasi belajar Ekonomi di SMA N 88 Jakarta, Terbukti Fhitung > Ftabel pada α = 0,05 atau 9,45 > 3,98, terdapat Interaksi antara bimbingan belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar Ekonomi di SMA N 88 Jakarta, Terbukti Fhitung > Ftabel pada α = 0,05 atau 25,37 > 3,98, terdapat perbedaan prestasi belajar Ekonomi antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi, Terbukti Fhitung > Ftabel pada α = 0,05 atau 10,64> 3,13 , tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Ekonomi antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar bagi siswa yang memiliki motivasi rendah, Terbukti Fhitung < Ftabel pada α = 0,05 atau 0,034 < 3,13 ************ This study aims to obtain valid data and facts, and trustworthy (reliable ) on Influence Tutoring and Learning Against Learning Achievement Motivation In Economics Lesson Implementation Class X SMAN 88 Jakarta This research was conducted by the method of factorial experiments . The population in this study all students of SMAN 88 Jakarta , amounting to 631 students, samples used were as many as 74 students. The sampling technique used is by using a random sampling technique . The instruments used in economic learning achievement of students is obtained from the value of report cards semester academic year 2012/2013 and for tutoring data is secondary data obtained from the field of student affairs vice principal , the students who take the tutoring outside of school, while the instrument for learning motivation in the form of questionnaire with 29 statements. From the test requirements of the study, in the know that the sample originated because of t greater than t table and column Sig homogeneity test is 0.822 greater than 0.05, so H0 is accepted, in other words that the samples come from a homogeneous population. From this research note : There is a difference in students who take the course and did not learn to follow the guidance of academic achievement in high school Economics N 88 Jakarta, Proven Fhitung < Ftable at α = 0.05 or 22.69 > 3.98, there is a difference in student have a high learning motivation and low learning motivation coined the learning achievements of Economics in SMAN 88 Jakarta , Proven Fhitung < Ftable at α = 0.05 or 9.45 > 3.98, there is interaction between tutoring and motivation on learning achievement in Economics SMAN 88 Jakarta, Proven Fhitung < Ftable at α = 0.05 or 25.37 > 3.98, there is a difference in learning achievement between students who take Economics tutoring and do not follow the guidance of learning for students who have high motivation, Proven Fhitung < Ftable at α = 0.05 or 10.64 > 3.13, there is no difference in learning achievement between students who take Economics tutoring and do not follow the guidance of learning for students who have low motivation, Proven Fhitung < Ftable at α = 0.05 or 0.034 < 3.13

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Ketut R, M.Si. ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Jan 2021 17:48
Last Modified: 22 Jan 2021 17:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item View Item