PENGARUH MEDIA @FIKSIMINI DALAM TWITTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 57 JAKARTA SELATAN

Adly Ridho Amrinsyah, . (2017) PENGARUH MEDIA @FIKSIMINI DALAM TWITTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 57 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Adly Ridho A..pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK ADLY RIDHO AMRINSYAH. 2018. Pengaruh Media @fiksimini dalam Twitter terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMKN 57 Jakarta Selatan. Skripsi. Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media @fiksimini dalam Twitter terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 57 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan November 2017 di kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest dan posttest dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji Lilliefors digunakan untuk uji normalitas. Dengan hasil pengujian Liliefors pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh dari data posttest, yaitu Lo = 0,122 sedangkan Lt = 0,177. Dengan demikian, data posttest berdistribusi normal karena Lo (0,122) < Lt (0,177). Uji Fisher digunakan untuk uji homogenitas. Dari hasil penghitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung sebasar 1,196 dan Ftabel sebesar 1,984 berdistribusi dk = 24 pada taraf signifikasi (α = 0,5). Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Fhitung ≤ Ftabel; dengan demikian populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh Thitung sebesar 3,022 dan Ttabel sebesar 2,011 dengan taraf sigifikasi (α) 0,05. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Thitung ≥ Ttabel sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan menulis teks cerita pendek pada kelas eksperimen adalah 72,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 63,04. Dari kedua kelas tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian dapat menguji hipotesis nol. Dengan demikian, terdapat pengaruh media @fiksimini dalam Twitter terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek pada kelas XI SMK Negeri 57 Jakarta Selatan. Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan media @fiksimini dalam Twitter untuk pembelajaran teks menulis lainnya, seperti teks anekdot sesuai dengan karakteristik serta struktur teks anekdot yang akan dibuat dalam bentuk tulisan. Penulis menyarankan adanya tindak lanjut penelitian terhadap media @fiksimini dalam Twitter dengan meneliti unsur ekstrinsik dalam teks cerita pendek serta penggunaan media @fiksimini dalam Twitter dapat pula digunakan pada jenjang SMP, bagi sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis TIK. Kata kunci : Media @fiksimini dalam Twitter, menulis teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)N. Lia Marliana, M.Phil 2) Dra. Suhertuti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Indonesia
Depositing User: Sigit Nugroho
Date Deposited: 04 Oct 2019 11:22
Last Modified: 04 Oct 2019 11:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item