Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Prancis pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta melalui Metode Pair Check , Sebuah Penelitian Kaji Tindak

Leona Destariani, . (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Prancis pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta melalui Metode Pair Check , Sebuah Penelitian Kaji Tindak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Leona Destariani (2315130529)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya Jakarta melalui metode Pair Check. Metode ini merupakan metode pembelajaraan yang mengutamakan kerja sama dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Adapun tahapan pembelajaran dalam metode Pair Check yakni:1)penjelasan materi pembelajaran;2)pembentukan kelompok dan pembagian peran partner dan pelatih;3) guru membagikan soal kepada partner;4)partner menjawab soal dan pelatih mengecek jawaban;5)pertukaran peran;6)guru soal kepada partner;7) partner menjawab soal dan pelatih mengecek jawaban;8)pencocokan jawaban;9)pembahasan jawaban;10)pengecekan kembali;11)pemberian reward. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus hingga bulan November 2017 dan dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK ini diawali dengan kegiatan observasi kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Nilai rata-rata menulis bahasa Prancis yang diperoleh siswa pada pre-test adalah 59. Nilai tersebut belum mencapai KKM bahasa Prancis, oleh sebab itu diadakan tindakan perbaikan pada siklus I. Proses pembelajaran pada siklus I sudah berjalan sesuai skenario pembelajaran yang direncanakan. Namun, ada beberapa kesulitan yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung yakni, siswa belum mampu bekerjasama dengan pasanganya dan belum mampu melaksanakan perannya dengan baik, selain itu guru masih kesulitan dalam mengelola waktu dan menguasai kelas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata menulis bahasa Prancis yang dicapai siswa pada akhir siklus I adalah 73, nilai tersebut masih dibawah standar KKM bahasa Prancis yakni ≥75. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II berjalan lebih baik dari siklus sebelumnya. Siswa sudah mampu bekerjasama dan bertanggungjawab atas perannya masing-masing. Kemampuan siswa dalam menulis bahasa Prancis pun meningkat, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis bahasa Prancis pada akhir siklus II telah mencapai KKM yakni 89 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil kedua post-test yang telah dilaksanakan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa metode Pair Check dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Asti Purbarini, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Nov 2019 12:32
Last Modified: 02 Nov 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item