FAHREZA AZHAR, . (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLUMBING DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (196kB) |
|
Text
2. Abstrak & Abstract.pdf Download (442kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan.pdf Download (114kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (263kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (263kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (264kB) |
|
Text
11. a. Bab 1.pdf Download (430kB) |
|
Text
11. b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
11. c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
11. d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text
11. e. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif ditinjau dari prestasi dan minat, perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori dan Praktik Plumbing. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah plumbing pada semester ganjil (109) 2018/2019 dengan jumlah 83 mahasiswa yang terdiri dari proses pembelajaran teori dan praktik. Penelitian ini dilakukan dengan metode pretest, posttest, group discussion dengan membagi dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen dengan multimedia interaktif dan kelompok kontrol dengan powerpoint dan video. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa pengamatan awal, tanya jawab, catatan harian pengajar, kuisioner, dan catatan hasil observasi dan data sekunder berupa hasil tes, hasil tugas kelas, dan rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki hasil pembelajaran yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada pembelajaran teori hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata nilai 42 dan 69 yang berarti terjadi peningkatan nilai sebesar 27 sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 46 pada pretest dan 80 pada posttest sehingga peningkatannya jauh lebih besar dibandingkan kelas eksperimen sebesar 34 serta didukung oleh hasil uji-t dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Bedasarkan hal tersebut penggunaan multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan powerpoint dan video. Pada segi minat dilihat dari kuisioner, saran dan tanggapan yang disebarkan sudah meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu diperoleh hasil lain dalam penelitian ini bahwa multimedia interaktif masih dibuthkan banyak pengembangan dari aspek materi, penulisan, tampilan, video, dan quiz.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Riyan Arthur, M.Pd ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 11:08 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 11:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12502 |
Actions (login required)
View Item |