PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI PERMESINAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL(CNC)SISWA SMK JAKARTA 1

Fariz Aulia, . (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI PERMESINAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL(CNC)SISWA SMK JAKARTA 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
11 A. BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
11 B. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
11 C. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
11 D. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
11 E. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahmodel pembelajaraan Cooperative LearningTipe Group Investigationdapat meningkatkan hasil belajar teori permesinan cnc .Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/ siklus dari Kurt Lewisyang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah 30siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui tes tertuliskemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Permesinan CNCdengan menggunakan metodeCooperative LearningTipe Group Investigation.Selain Peningkatan Hasil Belajar, peneliti juga melihat terdapat perbedaan dalam respon siswa mengikuti pelajaran. Siswa terlihat lebih aktif dalam mengikuti pelajaran sehinggaberimbas dengan adanya peningkatan pada hasil belajar para siswa. Adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes nilai tes tertulis. rata-rata nilai tes tertulis padapra siklus yaitu 68,3 (46,6%) meningkat menjadi70,7 (70%)di siklus I dan pada siklus IImeningkat menjadi 78,1 (100%) dari 30 siswa. Hal ini menandakan siswa telah berhasil melewati batas nilai yang ditentukan oleh sekolah dalam mata pelajaran Permesinan CNC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Sopiyan, M.Pd. ; 2). Dr.Priyono, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 25 Jan 2021 11:34
Last Modified: 25 Jan 2021 11:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item