PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER BASIC DIGITAL

IBNU HARY WAHYUDI, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER BASIC DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (106kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
5. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (15MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (16MB)
[img] Text
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (16MB)
[img] Text
10. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
11. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
12. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
13. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian yang dikembangkan bertujuanuntuk mengembangkan media pembelajaran trainerdan modul bahan praktikum sebagai media pembelajaran kelas X Teknik Audio Video padamatapelajaran pemprograman, mikroprosesor, dan mikrokontroller khusus pembahasan dasar-dasar teknik digitaldi SMK Negeri 7 Bekasi.Penelitian yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dengan model pengembangan ASSURE(Analyze learner, State standards and objectives,Select strategis technology, media and materials,Utilize technology,media and materials,Requaire learner participation,Evaluate and rivise), namun penelitian dibatasi hanya sampai tahap Requaire learner participation. Tahap pengembangan meliputi: 1) Analisis Pembelajaran, 2) Merumuskan Standard dan Tujuan, 3) Memilih Strategi,Teknologi, Media, dan Materi, 4) Menggunakan Teknologi, Mediam dan Bahan Ajar, 5) Mengharuskan Partisipasi Peserta didik. Media trainerbasic digitaldivalidasi dan dinyatakana kelayakannya dengan menggunakan kuesioner/angket oleh 1 ahli materi,1 ahli media, dan35respon peserta didikkelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Bekasi. Hasil pengembangan media pembelajaran trainerbasic digital, yang terdiri dari 9 blok : 1) Blok Power Supply, 2) Blok 10 Bit Data Input, 3) Blok 10 Bit Data Output, 4) Blok Gerbang Logika, 5) Blok Flip-Flop, 6) Blok Clock Generator, 7) Blok Encoder, 8) Blok Decoder dan Sevensegmen, 9) Blok Operasi Logika IC TTL dan terdapat 1 Box Kabel. Sedangkan modul praktikum berisi jobsheetyang mendukung kegiatan praktikum.Hasil penelitian menunjukkan presentase kelayakan media diperoleh sebesar 87% dari ahli media, 86% dari ahli materi, dan 84% hasil ujicoba penggunaan trainer dari peserta didik. Dari ketiga perolehan tersebut, media pembelajaran trainer basic digitalmasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemprograman, mikroprosesor, dan mikrokontroller diJurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd ; 2). Drs. Jusuf Bintoro, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Jan 2021 13:19
Last Modified: 27 Jan 2021 13:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item