PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIK MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL

ACENG HAETAMI, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIK MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan logik matematik terhadap hasil belajar kimia dasar dengan mengontrol kemampuan awal. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO Kendari dari bulan Maret sampai Juni 2018, dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Jumlah sampel penelitian sebanyak 56 mahasiswa yang dipilih secara random sampling dari 107 mahasiswa. Anal isis data menggunakan ANCOVA dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar kimia dasar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung setelah mengontrol kemampuan awal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logik matematik terhadap hasil belajar kimia dasar setelah mengontrol kemampuan awal, (3) hasil belajar kimia dasar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung setelah mengontrol kemampuan awal bagi kelompok mahasiswa yang memiliki kecerdasan logik matematik tinggi, (4) hasil belajar kimia dasar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih rendah dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung setelah mengontrol kemampuan awal bagi kelompok mahasiswa yang memiliki kecerdasan logik matematik rendah.************ The objectives of this research were to determine the effects of instructional models and mathematical logic intelligence on basic chemistry learning outcomes with initial competence as covariate variable. This research conducted at Chemical education departement of FKIP UHO Kendari during Maret to Juny 2018, and used a quasiexperimental method with a 2x2 by level design. A sample of 56 students was randomly chosen of 107 students. ANCOVA applied to analyzed the data obtained at the significant level of 0,05. The results indicate that: (1) the basic chemistry learning outcomes of students who were taught to use concept attainment model were better than direct instruction model by controlling the initial competence; (2) there was an interaction between instructional models and mathematical logic intelligence on basic chemistry learning outcomes by controlling the initial competence; (3) the basic chemistry learning outcomes of students with higher mathematical logic intelligence who were taught to use concept attainment model were higher than direct instruction model by controlling the initial competence; (4) the basic chemistry learning outcomes of students with lower mathematical logic intelligence who were taught to use concept attainment model were lower than direct instruction model by controlling the initial competence.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Pro. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Priyono, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 02 Feb 2021 13:54
Last Modified: 02 Feb 2021 13:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item