Aspek Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (Suatu Penelitian Analisis Isi)

SINTOWATI RINI UTAMI, . (2021) Aspek Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (Suatu Penelitian Analisis Isi). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan menjelaskan aspek tata bahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis isi kajian kebahasaan untuk pengajaran. Data penelitian yang mencakup aspek komponen tata bahasa (dimensi kebahasaan), aspek penempatan tata bahasa untuk mengembangkan kompetensi komunikatif, dan aspek penyajian tata bahasa sebagai dimensi pembelajaran tata bahasa, dikumpulkan melalui tahapan pengidentifikasian, pengkodean, dan pengklasifikasian. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa komponen sintaksis paling banyak ditemukan dalam buku teks. Satuan sintaksis kalimat berupa struktur kalimat tunggal/majemuk, kalimat aktif/pasif, kalimat verbal/nonverbal, kalimat verbal transitif, dan kalimat intransitif, dianggap penting untuk menyusun kalimat dibandingkan pelafalan baku dan fonemik dalam komponen fonologi, pembentukan kelas kata dalam komponen morfologi, pilihan kata pada komponen semantik, dan pengembangan paragraf dalam komponen wacana. Untuk mengembangkan kompetensi komunikatif, tata bahasa dalam kompetensi gramatikal berupa kemampuan menyesuaikan aturan bahasa sesuai teori linguistik (phonology/graphology, vocabulary, morphology, syntax) paling banyak ditempatkan dibandingkan dengan penempatan dalam kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana, dan kompetensi strategis. Penyajian sesuai konteks di dalam bentuk latihan mengulang (repetitif) konsep yang sudah ada di materi uraiannya merupakan penyajian aspek tata bahasa yang paling banyak ditemukan dibandingkan dengan aspek induktif/deduktif, aspek pengintegrasian, dan aspek materi penilaian.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: Prof. Dr. Emzir, M.Pd. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 5310 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2021 15:32
Last Modified: 22 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item