Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis Kelas XI IPS 3 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta (Sebuah Penelitian Deskriptif-Kualitatif)

Luluk Akasahutami, . (2018) Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis Kelas XI IPS 3 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta (Sebuah Penelitian Deskriptif-Kualitatif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LULUK AKASAHUTAMI (2315133044).pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis Kelas XI IPS 3 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta ini ditujukkan sebagai salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Prancis di sekolah yang dimaksud. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari, observasi untuk mengetahui situasi sosial dalam bidang pendidikan, yaitu kelas, aktor dalam penelitian ini adalah guru sebagai implementator Kurikulum 2013 serta kegiatan pembelajaran bahasa Prancis (Sugiyono, 2012:314). Kegiatan pembelajaran sebagai wujud implementasi kurikulum yaitu meliputi: perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran dan penilaian pengajaran/evaluasi. (Majid, 2014:24). Umumnya, kegiatan pembelajaran mencangkup kegiatan awal atau pembukaan, kegiatan inti atau pembentukan kompetensi dan karakter, serta kegiatan akhir atau penutup. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kurikulum 2013 sudah terimplementasi meskipun belum sempurna. Perencanaan pembelajaran bahasa Prancis yang dilakukan oleh guru hanya mencapai 54% dari komponen pembelajaran yang tercantum dalam RPP. Kemudian dalam proses pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik, ada beberapa tahapan pembelajaran menurut Kurikulum 2013 tidak dilakukan oleh guru sesuai seperti RPP yang telah disiapkan. Juga, tidak adanya media ajar dan atau buku ajar yang dipakai selama proses pembelajaran berlangsung. Namun, kegiatan evaluasi pembelajaran dilaksanakan, yaitu tes berbicara. Siswa cukup baik dalam tes tersebut, namun perlu ditingkatkan kembali kreativitasnya agar siswa lain yang menyimak mudah memahami maksud dari apa yang telah dipresentasikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Asti Purbarini, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Nov 2019 15:07
Last Modified: 07 Nov 2019 15:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item