PEMANFAATAN BAHAN AJAR BERUPA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 62 JAKARTA

DWI YANTI ANGELINA, . (2020) PEMANFAATAN BAHAN AJAR BERUPA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dwi Yanti Angelina. 4315160785. Pemanfaatan Bahan Ajar Berupa Komik dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 62 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini ditulis bertujuan untuk mengetahui manfaat bahan ajar berupa komik sebagai pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam konten geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMP Negeri 62 Jakarta dan sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas VII.5. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan kuesioner secara daring menggunakan skala likert dan uji gain yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan komik dengan cara menghitung selisih skor pada saat post test dan pre test. Adapun teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, peserta didik kelas VII.5 sebanyak 37 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: berdasarkan validasi oleh ahli komik dan ahli materi dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran IPS dengan konten geografi. Lalu, adanya pengaruh dari pemanfaatan penggunaan komik dalam pembelajaran IPS dengan konten geografi yang dapat dilihat dari perhitungan melalui uji gain dan skala likert. Hasil menunjukan adanya perbedaan setelah menggunakan komik dalam pembelajaran IPS dengan konten geografi kelas VII.5 SMP Negeri 62 Jakarta. Hal tersebut dilihat dari hasil pretest dan posttest yang menunjukan kategori tinggi yaitu 0.8 dalam perhitungan uji gain. Selanjutnya, melalui perhitungan skala likert, melalui presentase jawaban responden yaitu menunjukan sebesar 80% yang termasuk kategori layak. Kata Kunci : Pemanfaatan bahan ajar, komik, Pembelajaran IPS Dwi Yanti Angelina. 4315160785. Utilization of Comic Teaching Materials in Social Studies Learning at State Junior High School 62 of Jakarta. Essay. Jakarta: Geography Education Study Program. Faculty of Social Science. State University of Jakarta. 2020. This study aims to determine the benefits of teaching materials in the form of comics as social science learning in geography content. The method used descriptive method. The population in this study were students of State Junior High School 62 of Jakarta and the research sample was students of class VII.5. Analysis technique in this study used an online questionnaire with a Likert scale and a gain test to determine the level or magnitude of the effect of using / utilizing comic media by calculating the difference in scores during the post-test and pre-test. Sampling technique was simple random sampling, where class VII.5 students totaled 37 students. The results showed that: based on validation by comic experts and material experts, it was stated that they were suitable for use as teaching materials in the social studies learning process with geographic content. Then, the influence of the use of comics in social studies learning with geographic content can be seen from calculations through the gain test and Likert scale. The results show that there is a significant difference after using comics in social studies learning with geographic content in class VII.5 of State Junior High School 62 of Jakarta. This can be seen from the results of the pretest and posttest which show the high category, namely 0.8 in the calculation of the gain test. Furthermore, through the calculation of the Likert scale, through the percentage of respondents' answers, it is shown that it is 80% which is in the feasible category. Keywords: Utilization of teaching materials, comics, social studies learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Suhardjo, M.Pd 2.) Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Si, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 8846 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2021 16:24
Last Modified: 11 Feb 2021 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item