PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA LANSKAP LINGUISTIK SEKOLAH (Penelitian Analisis Isi Berdasarkan Lingustik Sistemik Fungsional di SMPN 44 Jakarta)

HIDAYAT WIDIYANTO, . (2021) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA LANSKAP LINGUISTIK SEKOLAH (Penelitian Analisis Isi Berdasarkan Lingustik Sistemik Fungsional di SMPN 44 Jakarta). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
surat pernyataan_hidayat.pdf

Download (348kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada lanskap sekolah di SMPN 44 Jakarta yang didasarkan pada analisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data penelitian ini berupa frasa, kalimat, dan paragraf dalam bahasa Indonesia pada teks iklan, poster, dan slogan yang bersumber pada lanskap linguistik di SMPN 44 Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, yaitu dengan mengobservasi objek lanskap linguistik, mengidentifikasi teks iklan, poster, dan slogan, memfoto objek penelitian, mentranskrip foto dalam bentuk teks, mengelompokkan dan memberi kode data berdasarkan jenis teks, dan menganalisis sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 124 data, teks iklan berjumlah 0,4%, teks poster berjumlah 12%, dan slogan berjumlah 83,6%. Fungsi sosial memberikan pesan dalam sebelas bidang, yaitu (1) religi dengan jumlah 73 objek atau 59%, (2) karakter, optimisme, budi pekerti berjumlah 16 objek atau 13%, (3) disiplin dan etos kerja berjumlah 9 objek atau 7%, (4) literasi dan pengetahuan berjumlah 7 objek atau 6%, (5) kesehatan berjumlah 6 objek atau 5%, (6) layanan pendidikan berjumlah 4 objek atau 5%, (7) kebersihan berjumlah 3 objek atau 2%, (8) ekstrakurikuler bejumlah 2 objek atau 2%, (9) kosmetik berjumlah 2 objek atau 2%, (10) lingkungan hidup berjumlah 1 objek atau 1%, dan (11) minuman berjumlah 1 objek atau 1%. Dari 20 teks iklan dan poster ditemukan 9 teks atau 0,45% memiliki struktur teks iklan dan poster yang lengkap, yaitu orientasi^tubuh iklan/poster^justifikasi. Teks berstruktur orientasi^tubuh iklan/poster sebanyak 6 teks atau 0,30% dan teks dengan struktur tubuh iklan/poster^justifikasi berjumlah 5 teks atau 0,25%. Dari 104 teks slogan, yang memiliki struktur frasa sebanyak 74 teks (71%), 24 teks berupa kalimat (23%), dan 6 teks berupa lebih dari satu kalimat atau paragraf (6%). Dari unsur kebahasaan ditemukan bahwa teks yang menggunakan slogan sebanyak 112 teks (87%). Kalimat imperatif digunakan dalam 16 teks dari 52 teks atau 30,77%. Kalimat imperatif tersebut berjumlah 44 kalimat dari data 78 kalimat (56,41%). Dari 124 data, yang menggunakan kata ganti orang pertama hanya 3 objek atau 2%. ************ This research aims to describe the use of Indonesian in the linguistic landscape of school at SMPN 44 Jakarta which is based on an analysis of social function, text structure, and linguistic element. This study uses a qualitative approach to content analysis method. The data of this research are in the form of phrases, sentences or paragraphs in Indonesian in advertising texts, posters, and slogans that located from the linguistic landscape at SMPN44 Jakarta. The data collection technique in this research uses literature technique, by observing linguistic landscape objects, identifying advertising text, posters, and slogans, capturing research objects, transcribing photos in text form, grouping andcoding data based on text type, and analyzing according to social function, text structure, and linguistic elements. The result of this study shows that from 124 data, there are 0.4% advertisement texts, 12% poster texts, and 83.6% slogans. The social function provides messages in eleven fields, (1) religion with 73 objects or 59%, (2) character, optimism, character totaling 16 objects or 13%, (3) discipline and work ethic totaling 9 objects or 7%, (4) literacy and knowledge amounted to 7 objects or 6%, (5) health amounted to 6 objects or 5%, (6) education services amounted to 4 objects or 5%, (7) cleanliness amounted to 3 objects or 2%, (8) extracurricular amounted to 2 objects or 2%, (9) cosmetics amounted to 2 objects or 2%, (10) the environment amountedto 1 object or 1%, and (11) drinks amounted to 1 object or 1%. From the 20 advertisements and poster texts there are 9 texts or 0.45% of the advertisement/poster structure appeared with the complete structure, orientation^advertisement/poster body^justification. Text with an orientation structure^advertisement/poster body is 6 texts or 0.30% and text with advertisement/poster body^justification is 5 texts or 0.25%. From the 104 slogan texts that have phrase structure as many as 74 texts are (71%), 24 textsare sentences (23%) and 6 texts are more than one sentence or paragraph (6%). From the linguistic element there are 112 texts using slogans (87). The Imperative are used in 16 text from 52 text or 30,77%. The Imperative sentences are used in 56.41%. From the 124 data there are only 3 objects or 2% that use the first-person pronoun.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. ; 2). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 8875 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2021 21:06
Last Modified: 09 Jun 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item