PENGARUH KEGIATAN TARI KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Kartika X-18 Kramat Jati Jakarta Timur)

IRMA RATNA JUWITA, . (2016) PENGARUH KEGIATAN TARI KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Kartika X-18 Kramat Jati Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IRMA RJ 1615109182.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan tari kreatif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak berusia 5-6 tahun di TK Kartika X-18 yaitu sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak berusia 5-6 tahun di TK Mambaul ‘Ula yaitu sebagai kelompok control. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain randomaized post-test only control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan motorik kasar anak kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 42,47 dibandingkan keterampilan motorik kasar anak kelompok kontrol yaitu 39,8. Dengan demikian terdapat pengaruh kegiatan tari kreatif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah penerapan kegiatan tari kreatif akan memungkinkan anak untuk dapat mengembangkan ide, perasaan dalam mengembangkan gerak dasar anak yang dapat mempengaruhi keterampilan motorik kasar anak. Oleh karena itu hendaknya guru menambah wawasan mengenai kegiatan tari kreatif dalam pengembangan keterampilan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 16:01
Last Modified: 07 Nov 2019 16:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item