PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS SURAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 31 JAKARTA TEMA KELUARGA (FAMILIE)

Ahmad Yakub, . (2017) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS SURAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 31 JAKARTA TEMA KELUARGA (FAMILIE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ahmad Yakub.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD YAKUB. 2017. Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Hasil Keterampilan Menulis Surat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta Tema Keluarga (Familie). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap hasil keterampilan menulis surat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta terkait topik Keluarga (Familie). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 bulan November 2016 sampai Januari 2017. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta yang mengikuti mata pelajaran bahasa Jerman dan sedang mempelajari topik Keluarga (Familie) pada semester ganjil berjumlah 113 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Jerman 1 sebanyak 38 siswa yang diambil dengan teknik sampling convenience. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara pemberian tes kosakata dan tes menulis surat bahasa Jerman dan data penelitian ini berupa hasil kedua tes tersebut. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi Product Moment dan analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,322 lebih besar dari rtabel (0,322 > 0,320) dan koefisien determinasi (r2 xy) sebesar 0,104 atau 10,4 %. Dari hasil penghitungan analisis regresi sederhana didapat persamaan garis regresi yaitu Ŷ = 0,19 + 1,35X dan dari penghitungan uji t diperoleh thitung sebesar 2,042 lebih besar dari ttabel (2,042 > 2,025) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan jumlah responden = 38. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dan hasil keterampilan menulis surat bahasa Jerman; hasil keterampilan menulis surat bahasa Jerman siswa ditentukan oleh penguasaan kosakata sebesar 10,45 %; terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap hasil keterampilan menulis surat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta terkait topik Keluarga (Familie).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Santiah, M.Pd 2)Dra. Rina Agustin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penguasaan kosakata, Hasil keterampilan menulis surat bahasa Jerman, Topik Keluarga (Familie).
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Sigit Nugroho .
Date Deposited: 04 Oct 2019 12:06
Last Modified: 04 Oct 2019 12:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item