UTU RAHIM, . (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN POLA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA THE EFFECT OF LEARNING APPROACHES AND THINKING PATTERNS ON STUDENTS MATHEMATIC LEARNING RESULTS IN SMA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERIJAKARTA.
Text
1.Cover pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I . Pendahuluan..pdf Download (113kB) |
|
Text
3. BAB II. Kajian Pustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III . Metode Penelitian..pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV. Hasil dan Pembahasan..pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V. Kesimpulan..pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
7. Daftar Pustaka 1..pdf Download (190kB) |
|
Text
8.Lampiran.Pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran dan pola berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA mulai bulan September sampai April 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA yang terdiri dari 13 kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak 2 kelas, yaitu kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas X IPA5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Uji statistik yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dan t-Sceffe pada taraf signifikan = 0.05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir divergen lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir konvergen, (3) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pola berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir divergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir divergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung, (5) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir konvergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir konvergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung, (6) hasil belajar matematika siswa yang meiliki pola berpikir divergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran open-ended lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir konvergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung dan (7) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir divergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pola berpikir konvergen yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung. Novelty dari penelitian ini di tinjau dari beberapa penelitian, ada penelitian yang menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended, tetapi pembelajaran open-ended yang dilakukan peneliti lain adalah di lingkungan belajar terbuka, bukan membandingkan dua kelas, tetapi hanya memberikan tes untuk mengetahui pola berpikir siswa sesuai dengan karateristik yang dimiliki oleh siswa, sedangkan dalam penelitian ini digunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan pendekatan pembelajaran langsung dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Pola Berpikir Divergen-Konvergen dan Hasil Belajar. **************** ABSTRACT The purpose of this study was to examine the effect of learning approaches and thinking patterns on student mathematics learning outcomes in high school from September to April 2019. This study used a quasi-experimental method with 2x2 factorial design. The population of this research is Class X Natural Sciences which consists of 13 classes. The sample of the study was randomly selected 2 classes, namely class X IPA2 as an experimental class with 31 students and class X IPA5 as a control class with 33 students. The statistical test used was two-way ANOVA and t-Sceffe at a significant level of 0.05. The findings of this study indicate that: (1) There is a significant influence between the open-ended learning approach and the direct learning approach to student mathematics learning outcomes (student learning outcomes in mathematics taught with the open-ended learning approach are higher than student learning outcomes in mathematics taught with direct learning approach), (2) There is a significant influence of divergent thinking patterns on student mathematics learning outcomes (student mathematics learning outcomes that have divergent thinking patterns higher than students learning mathematics outcomes that have convergent thinking patterns), (3) There is an influence of interaction between approaches learning and thinking patterns towards student mathematics learning outcomes, (4) Mathematics learning outcomes of students who have divergent thinking patterns taught by the open-ended learning approach are significantly higher than mathematics learning outcomes of students who have conventional thinking patterns rgen that is taught with the direct learning approach, (5) There is no significant difference in the mathematics learning outcomes of students who have convergent thinking patterns that are taught with an open-ended approach to the mathematics learning outcomes of students who have divergent thinking patterns that are taught with the direct learning approach, (6) Mathematical learning outcomes of students who have divergent thinking patterns are significantly higher than mathematics learning outcomes of students who have convergent thinking patterns taught with the open-ended learning approach and (7) There is no significant difference in mathematics learning outcomes of students who have divergent thinking patterns with the results learning mathematics students who have convergent thinking patterns that are taught with a direct learning approach. Novelty of this study reviewed from several studies, there are studies that use open learning, open learning conducted by other researchers is in an open learning environment, not comparing two classes, but only providing tests to find out with the characteristics supported by students, while in This research is used for open learning and direct learning by comparing two classes, namely the experimental class and the control class. Keywords: Open-Ended Learning Approach, Divergent Thinking Patterns- Convergent and Learning Outcomes.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 8879 not found. |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 11:45 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 11:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12869 |
Actions (login required)
View Item |