PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 43 JAKARTA

PUPUH MEGAWATI, . (2012) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 43 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUPUH MEGAWATI.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, serta pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan November 2011 sampai Desember 2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 43 Jakarta tahun ajaran 2011 / 2012 yaitu sebanyak 230 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 30% dari populasi yaitu berjumlah 69 orang dengan mengambil sekitar 12 orang tiap kelas menggunakan metode teknik acak proposional (proposional random sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional menggunakan data ex post facto. Data yang digunakan dan dikumpulkan adalah data yang dihasilkan dari penyebaran angket untuk variabel X1 dan X2 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan untuk variabel Y menggunakan data dokumentasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan minat belajar tergolong rendah dan dari hasil analisis regresi diketahui (1) Terdapat pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (2) Terdapat pengaruh minat belajar tehadap prestasi belajar ekonomi siswa, (3) Terdapat pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Prestasi belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan oleh variabel bebas (kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan minat belajar) sebesar 33,9% sedangkan sisanya 66,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan dan parsial antara kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Saran yang dapat diberikan (1) Prestasi belajar ekonomi siswa dapat meningkat jika seorang guru sudah memiliki kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dengan baik. Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dapat dikatakan baik bila guru mampu menuntut tanggung jawab siswa dengan cara menyuruh siswa untuk mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh temannya agar setiap siswa mempunyai tanggung jawab masing-masing. Selanjutnya, menuntut tanggung jawab siswa juga dapat dilakukan dengan cara mengontrol siswa terhadap tugas-tugas yang sedang dikerjakan oleh siswa. Hal ini akan membuat siswa mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan baik sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Prestasi belajar siswa dapat meningkat jika minat belajar yang dimiliki oleh siswa tinggi. Guru hendaknya mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan cara membangkitkan perhatian siswa untuk menyimak penjelasan materi yang sedang dilakukan. Perhatian siswa dapat ditimbulkan melalui cara mengajar yang dilakukan oleh seorang guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. I Ketut R. Sudiardhita, M.Si 2.) Dicky Iranto, SE, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:40
Last Modified: 08 Nov 2019 08:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item