PENGEMBANGAN TEKNOLOGI 3D HOLOGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 54 JAKARTA

SYAFIRA KHAIRUNNISA, . (2019) PENGEMBANGAN TEKNOLOGI 3D HOLOGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Cover Halaman Depan.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2 Abstrak & Abstract.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3 Lembar Persetujuan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4 Lembar Orisinalitas.pdf

Download (245kB)
[img] Text
6 Kata Pengantar.pdf

Download (110kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
11 a - BAB 1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
11 b - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
11 c - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
11 d - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
11 e - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi sejatinya harus dibuat menyenangkan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Proses pembelajaran Biologi di SMAN 54 Jakarta kurang efektif karena kurang mendukungnya media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D hologram yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran materi Sistem Gerak Manusia. Metode pengembanganmedia pembelajaran 3D hologram ini menggunakan metode Research andDevelopment (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development LifeCycle (MDLC). Tahapan penelitian yang dilakukan terdiri dari: 1) Konsep; 2) Perancangan; 3) Pengumpulan Bahan; 4) Pembuatan; 5) Uji Coba; 6) Distribusi. Data yang digunakan didapatkan dari hasil observasi dan wawancara. Pengujian dilakukan kepada ahli materi, ahli media dan responden dengan melakukan validasi instrumen terlebih dahulu. Hasil pengujian dengan ahli materi diperoleh hasil 1 dengan kategori Validitas Tinggi. Kemudian hasil pengujian oleh ahli media diperoleh nilai 1 dengan kategori Validitas Tinggi. Dan hasil pengujian responden diperoleh hasil nilai persentase 87% dengan skala kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, maka media pembelajaran 3D hologram siap untuk digunakan oleh guru dan siswa dan produk siap didistribusikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T ; 2). Vina Oktaviani, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Feb 2021 14:57
Last Modified: 19 Feb 2021 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item