AMRULLOH, . (2018) Kesalahan Fi’il Amar Mu’tal Akhir pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Tingkat-4 Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Burning.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai jenis kesalahan dalam Fi’il Amar Mu’tal Akhir pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Tingkat-4 Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan dimulai dari Bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data ini diperoleh dari jawaban mahasiswa pada 45 soal. Soal tersebut merupakan sebuah kalimat yang didalamnya terdapat Fi’il Amar Mu’tal Akhir. Sampel merupakan mahasiswa yang telah mempelajari Sharf I dan Sharf II dan dipilih secara acak. Berdasarkan pada analisis data dari 1350 jawaban. Jumlah kesalahan dalam Fi’il Amar Mu’tal Akhir pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa arab angkatan 2014 terdapat 777 kesalahan (57,56%). Kesalahan-kesalahan tersebut terdiri dari: (1) 249 kesalahan (32,05%) pada penggunaan Fi’il Amar Naqis, (2) 315 kesalahan (40,54%) pada penggunaan Fi’il Amar Lafiif Maqrun, (3) 213 kesalahan (27,41%) pada penggunaan Fi’il Amar Lafiif Mafruq. Kesalahan-Kesalahan tersebut disebabkan oleh: (1) ketidaktahuan kaidah, (2) berlebihan dalam menerapkan konsep, (3) penyebab lain (ketidaktauan kosakata yang digunakan, kurang mengerti magsud dari pertanyaan, dan lain sebagainya). Hasil penelitian diatas menunjukan bahwa, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta pada umumnya belum menguasai Fi’il Amar Mu’tal Akhir dengan baik dan benar. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa, kesulitan dalam Fi’il Amar Mu’tal Akhir terdapat pada I’lal dan kosakata. Hal ini dapat dilihat dari presentase kesalahan yang ada. This research has been carried out to gain empirical data on types of errors in Fi’il Amar Mu’tal Akhir on Arabic Language Education class of 2014 students in State University of Jakarta. This research was executed at Arabic Language Education State University of Jakarta from December 2017 until January 2018 using descriptive analytical method. These data were collected from responses of the students to questionnaire which consist of 45 questions. The questionnaire contains Fi’il Amar Mu’tal Akhir. The students who have been appointed are those who have studied Sharf I and Sharf II and chosen randomly. According to the analysis from 1350 answers, the number of errors in Fi’il Amar Mu’tal Akhir of the Arabic Language Education class of 2014 students are 777 errors (57.56%). Those errors consist of: (1) 249 errors (32.05%) on Fi’il Amar Naqis usage, (2) 315 errors (40.54%) on Fi’il Amar Lafiif Maqrun usage, (3) 213 errors (27.41%) on Fi’il Amar Lafiif Mafruq usage. The errors done are caused by: (1) The inadequate knowledge about rules, (2) excessive application of concepts, (3) other causes (inadequate vocabulary used, misunderstand of the questionnaire, and so forth). The above result shows that Arabic Language Education students in State University of Jakarta on average have not yet mastered Fi’il Amar Mu’tal Akhir. Thus, the writer conclude that the difficulty of Fi’il Amar Mu’tak Akhir is on the I’lal and vocabulary. This is shown by the percentage of the errors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nuruddin, M.A ; 2). Drs. Chakam Failasuf, M. Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sigit . |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 15:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/129 |
Actions (login required)
View Item |