HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK BINA WARGA 2 BOGOR

R. RESNA MARINI, . (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK BINA WARGA 2 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RESNA SKRIPSI.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan persepsi siswa tentang minat dengan prestasi belajar siswa pada SMK Bina Warga 2 Bogor. Metode dalam penelitian ini adalah metode survey untuk menjaring data variabel X dan variabel Y dengan pendekatan korelasional. Penggunaan metode tersebut dimaksudkan untuk mengukur derajat keeratan hubungan antara minat dengan prestasi belajar. Dengan teknik pendekatan korelasional dapat dilihat hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas (minat) yang mempengaruhi dan diberi simbol X, dengan variabel terikat (prestasi belajar siswa) sebagai variabel yang dipengaruhi dan di beri simbol Y. Populasi keseluruhan pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bina Warga 2 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 345 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 40 siswa.Sampel yang diambil dalam penelitian ini 36 siswasiswa dengan taraf perhitungan 5% dari populasi terjangkau.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (sample random sampling). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ỳ= -210,742 + 2,26X.dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,0632 < 0,1476 ) hal itu berarti data berdistribusi normal.pada uji keberartian didapat F hitung > F tabel (67,46 > 4,13) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan.hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari pearson nilai rxy= 0,815.hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara minat dengan prestasi belajar siswa pada SMK BinaWarga 2 Bogor. Dari perhitungan Uji-t didapat t hitung > t tabel (8,21 > 2,728). Yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara minat dengan prestasi belajar siswa SMK Bina warga 2 Bogor.Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 66,5%. Hal itu menunjukkan bahwa variabel Y prestasi belajar ditentukan oleh Variabel X minat belajar. Dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh M. Dalyono (2007:56) mengemukakan “Sebagaimana halnya dengan inteligensi dan bakat,minat dan motivasi adalah dua aspek psikis yang juga besar pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar siswa di SMK Bina Warga 2 Bogor. Kata kunci : Minat, prestasi belajar, korelasi nyata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Mardi, M.Si 2.) Ati Sumiati, S.Pd, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:48
Last Modified: 08 Nov 2019 08:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item