EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN (KARTU KANJI & FLASH CARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI

MUHAMAD FAKIH, . (2018) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN (KARTU KANJI & FLASH CARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Gabung Cover- Riwayat hidup.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam komunikasi tulis yang digunakan pada bahasa Jepang selain terdapat katakana dan hiragana juga terdapat kanji. Namun kanji merupakan salah satu aspek yang cukup rumit untuk dipelajari bagi para pembelajar bahasa Jepang. Dikarena akan jumlah kanji yang terbilang banyak serta jumlah huruf yang tidak sedikit. Kemudian dalam kanji pula terdapat cara baca yang lebih dari satu yaitu kun-yomi dan on-yomi, menyebabkan kanji bukan hal yang mudah dipelajari. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran untuk memudahkan pembelajar dalam memahami agar kanji. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah kartu kanji & flash card. Karena dua media pembelajaran yang tergolong kartu ini memiliki keuntungan dalam penggunaannya yaitu seperti mudah digunakan, dapat digunakan pada semua jenjang pendidikan, menghemat waktu dan biaya serta menarik perhatian pembelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran kartu kanji dan flash card dalam pembelajaran membaca kanji pada mahasiswa tahun ajaran 2017/2018 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 62 orang dengan perincian 32 orang pada kelas A sebagai kelas kontrol (menggunakan flash card) dan 30 orang pada kelas B sebagai kelas eksperimen (menggunakan kartu kanji). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dan angket. Ho diterima dan Hk ditolak. Maka dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran kartu kanji/kanji card tidak efektif dibandingkan dengan flash card terhadap kemampuan membaca kanji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nia Setiawati, M.Pd 2) Eky Kusuma Hapsari, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Nov 2019 11:07
Last Modified: 08 Nov 2019 11:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item