TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM WAWANCARA INVESTIGASI PADA BERITA ACARA PEMERIKSAAN: SUATU KAJIAN PRAGMATIK TERHADAP WACANA RANAH HUKUM

MUJAHID FIDINILLAH, . (2018) TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM WAWANCARA INVESTIGASI PADA BERITA ACARA PEMERIKSAAN: SUATU KAJIAN PRAGMATIK TERHADAP WACANA RANAH HUKUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mujahid Fidinillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk dan fungsi tindak tutur bertanya dalam wawancara investigasi pada berita acara pemeriksaan. Data penelitian diambil dari pasangan ujar berupa tanya-jawab antara penyidik dan terperiksa, yakni sebanyak 169 pasangan ujar dari 9 berkas BAP. Dalam menganalisis data tersebut, digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Peneliti dibantu oleh tabel analisis kerja berdasarkan teori bentuk dan fungsi tindak tutur bertanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mereduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk, dengan enam subbentuk, serta enam fungsi tindak tutur bertanya yang dipergunakan oleh penyidik. Bentuk tersebut ialah bentuk tertutup dan bentuk terbuka, adapun bentuk terbuka itu terbagi lagi menjadi bentuk reflektif, bentuk direktif, bentuk langsung, bentuk tidak langsung, bentuk penilaian sendiri, serta bentuk pengarahan. Sementara itu, fungsi yang ditemukan adalah bertanya, mengonfirmasi, meminta, menyangsikan, menawarkan, serta mengklarifikasi. Bentuk langsung dan fungsi bertanya merupakan penggunaan yang paling banyak muncul. Di sisi lain, bentuk tidak langsung serta fungsi menyangsikan dan menawarkan merupakan penggunaan yang paling jarang muncul. Bentuk langsung untuk bertanya, bentuk tertutup untuk mengonfirmasi, serta bentuk reflektif untuk mengklarifikasi menjadi konstelasi penggunaan bentuk dan fungsi tindak tutur bertanya yang paling banyak dipergunakan penyidik. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tertuang di dalam Kurikulum 2013 (Revisi 2016) jenjang kelas 12 Sekolah Menengah Atas, peminatan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya pada Kompetensi Dasar (3.2) mengidentifikasi kalimat dalam berbagai ragam bahasa, serta (4.2) menyajikan sebuah teks dengan berbagai ragam bahasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd 2) Drs. Krisanjaya, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Teori Sastra
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Nov 2019 14:43
Last Modified: 08 Nov 2019 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item