Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Semester III Kompetensi Dasar Menentukan dan Merencanakan Tata Letak Komponen Instalasi Penerangan pada Bangunan Sederhana dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning dan dengan Strategi Pembelajaran 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) saat Pandemi Covid-19

DINA KURNIAWATI, . (2021) Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Semester III Kompetensi Dasar Menentukan dan Merencanakan Tata Letak Komponen Instalasi Penerangan pada Bangunan Sederhana dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning dan dengan Strategi Pembelajaran 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) saat Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Makalah Komprehensif ini bertujuan untuk membantu dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dan memberikan materi agar dalam pelaksanaanya tercapai dengan baik sesuai indikator-indikator yang akan dicapai yang terdapat dalam silabus pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dengan Kompetensi Dasar (KD 3.2) Menentukan Tata Letak Komponen Instalasi Penerangan pada Bangunan Sederhana dan Kompetensi Dasar (KD 4.2) Merencana tata letak komponen Instalasi penerangan pada bangunan sederhana. Penulisan dilaksanakan di jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan Oktober 2020 – Desember 2020. Perencanaan pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMK Tamansiswa 2 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI semester III ini dibuat berdasarkan strategi pembelajaran abad 21, yaitu strategi pembelajaran 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, and Creativity), metode pembelajaran daring, model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning, serta Pendekatan Pembelajaran saintifik, dengan mengkaji silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta soal-soal latihan untuk mengevaluasi belajar peserta didik yang akan digunakan sebagai tolak ukur dan penentuan peserta didik dapat dinyatakan berhasil sesuai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penggunaan model tersebut dalam pembelajaran secara tepat dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik khususnya peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kata Kunci : Perencanaan Pembelajaran, Instalasi Penerangan Listrik, Tata Letak Komponen Instalasi pada Bangunan Sederhana, Strategi Pembelajaran 4C, Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Discovery Learning. ********** This Comprehensive Paper aims to assist in planning the implementation of learning and provide material so that its implementation is achieved properly The indicators to be achieved are contained in the syllabus on the subject of electric lighting installation with Basic Competence (KD 3.2) Determining the Layout of Lighting Installation Components in Simple Buildings and Basic Competencies (KD 4.2) Planning layout ak component Lighting installation in simple buildings. The writing was carried out in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Jakarta in October 2020 -December 2020.Learning planning for the Electrical Lighting Installation Subject at SMK Tamansiswa 2 Electrical Power Installation Engineering Expertise Program Class XI semester III is based on 21st century learning strategies, namely learning strategies 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, and Creativity), online learning methods,models Project Based Learning and Discovery Learning, as well as scientific Learning Approaches, by reviewing syllabus and making learning implementation plans, as well as practice questions to evaluate student learning which will be used as a benchmark and the determination of students can be declared successful according to the goals set in the curriculum. The use of this model in learning appropriately can increase the interest and motivation to learn of students, especially students of Vocational High Schools (SMK).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aris Sunawar, S.Pd, MT.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 9238 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:48
Last Modified: 20 Sep 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item