MODEL PENGEMBANGAN MATERI KOLOKASI BAHASA ARAB MELALUI BUKU SAKU DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANNISA FITRIANI BURHAN, . (2021) MODEL PENGEMBANGAN MATERI KOLOKASI BAHASA ARAB MELALUI BUKU SAKU DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-ditandatangani (2).pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Lembar Originalitas.pdf

Download (372kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ANNISA FITRIANI BURHAN, ”Model Pengembangan Materi Kolokasi Bahasa Arab Melalui Pocket Book di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta” (Penelitian dan Pengembangan). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2021. Kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang kolokasi adalah salah satu penyebab kurangnya kualitas keterampilan mereka dalam berbahasa arab. Banyak dari mahasiswa yang masih keliru menggunakan kolokasi dalam Bahasa Arab disebabkan mereka tidak tahu bagaimana padanan kata yang tepat berdasarkan gaya bahasa target, yaitu Bahasa Arab. Begitupun dalam keterampilan menulis dan menerjemahkan, dimana mahasiswa kurang mengetahui makna kolokasi yang terdapat dalam sebuah kalimat. Hal ini disebabkan karena kurangnya intensitas mereka untuk mempelajari materi kolokasi di kampus serta kurangnya minat mereka untuk membaca buku-buku yang membahas kolokasi. Padahal, materi ini sangat penting untuk dipelajari karena dalam berbahasa kita harus paham dengan gaya bahasa yang dituju dengan menggunakan pilihan ungkapan yang tepat. Maka dari itu, peneliti mencoba membuat media pembelajaran yang berisi contoh-contoh kolokasi Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media buku saku yang berisi contoh-contoh kolokasi dalam Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahap yang dilalui yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, ujicoba produk, dan evaluasi produk. Peneliti membatasi langkah-langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Analisis kebutuhan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta, 2) Merancang produk, 3) Mengembangkan produk berdasarkan hasil penilaian produk dari para ahli, 4) Mengimplementasikan produk pada sebagian sampel Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta, 5) Mengevaluasi produk berdasarkan hasil tanggapan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi lapangan, wawancara dan angket kuisioner. Berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari sampel data 10 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buku Saku Kolokasi Bahasa Arab yang peneliti kembangkan dinyatakan Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri bagi mahasiswa. Hasil ini didasarkan dari proses penilaian yang dilakukan oleh Ahli Materi dan Ahli Media melalui kuisioner serta tanggapan Mahasiwa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. ABSTRACT ANNISA FITRIANI BURHAN, "A Model for the Development of Arabic Collocation Material through a Pocket Book in Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta" (Research and Development). Essay. Jakarta: Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta, January 2021. Lack of students' knowledge about collocation is one of the causes of their lack of quality skills in Arabic. Many students still mistakenly use collocations in Arabic because they do not know how to match the right words based on the target language style, namely Arabic. Likewise in writing and translating skills, where students do not know the meaning of collocation contained in a sentence. This is due to their lack of intensity in studying collocation materials on campus and their lack of interest in reading books that discuss collocation. In fact, this material is very important to study because in language we must understand the intended language style by using the right choice of expressions. Therefore, the researcher tries to make learning media that contains examples of Arabic collocation. This study aims to develop a pocket book media product containing examples of collocation in Arabic. This study uses a combined research method of Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. There are five stages that are passed, namely needs analysis, product design, product development, product testing, and product evaluation. Researchers limit the steps of the method used in this study, namely: 1) Analysis of the needs of Arabic Language Education Study Program Students at the State University of Jakarta, 2) Designing products, 3) Developing products based on the results of product assessments from experts, 4) Implementing products at some samples of Arabic Language Education Study Program Students at Jakarta State University, 5) Evaluating products based on the results of student responses. The data collection techniques used were field observations, interviews and questionnaires. Based on the needs analysis obtained from a sample of 10 Arabic Language Education Study Program students at the Jakarta State University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Shafruddin Tajuddin, MA 2) Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8914 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 09:00
Last Modified: 04 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item