PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP CAWANG BARU

LINDA SEPTIANI, . (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP CAWANG BARU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
aksesoris skripsi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
KISI2 di bab 4.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian yang menggunakan metode pengembangan instrumen milik Norman E. Gronlund (1985) dengan langkah-langkah antara lain: menentukan tujuan penilaian, mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar, menyusun kisi-kisi atau blueprint, mengembangkan draft instrumen, uji coba dan analisis instrumen serta revisi dan merakit instrumen baru. Penelitian ini mengujicobakan instrumen melalui dua tahap, yaitu tahap uji ahli (expert review) dan uji coba lapangan (field test). Tahap uji ahli dilakukan oleh dua orang ahli, yaitu seorang ahli evaluasi dari program studi Teknologi Pendidikan serta seorang ahli materi dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu, uji coba yang dilakukan di lapangan menggunakan sampel kelas VIII B di SMP Cawang Baru dengan siswa berjumlah 40 anak. Hasil pengembangan ini berupa empat jenis instrumen penilaian, yaitu instrumen tes mencocokkan untuk menilai aspek mendengarkan, tes uraian untuk menilai aspek membaca, tes unjuk kerja untuk menilai aspek berbicara dan produk untuk menilai aspek menulis.Dari hasil validasi ahli evaluasi dan materi secara keseluruhan mendapat skor 3,43 dan 3,29 yang berarti sangat baik. Pada tes uraian, keseluruhan butir soal memiliki tingkat kevalidan yang tinggi dengan skor 0,70; 0,60; 0,71; 0,64; 0,65 dan reliabilitas yang tinggi dengan skor 0,674. Hasil perhitungan butir indikator produk secara keseluruhan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi dengan skor 0,66; 0,79; dan 0,70 serta reliabilitas yang tinggi dengan skor 0,7. Pada tes unjuk kerja masing-masing indikator mendapat skor validitas 0,88; 0,75; 0,69; 0,67; 0,69 yang berarti pada indikator 1 tingkat kevalidannya sangat tinggi dan empat indikator lainnya tinggi. Sementara itu, untuk soal matching dengan data dikotomi (benar/salah) seluruh butir soal valid. Dengan skor reliabilitas 0,92 yaitu masuk kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Suprayekti, M.Pd ; Drs. Zuhdy Hasibuan, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 15:05
Last Modified: 08 Nov 2019 15:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item