PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, LINGKUNGAN KEAKSARAAN DI RUMAH DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Studi Kausal Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di Provinsi Jawa Timur Tahun 2019)

MIFTACHUS SHOLIKAH, . (2020) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, LINGKUNGAN KEAKSARAAN DI RUMAH DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Studi Kausal Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di Provinsi Jawa Timur Tahun 2019). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (598kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi anak Kelas 1 di Jawa Timur sebanyak 120 anak yang ditentukan dengan metode multistage cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap lingkungan keaksaraan di rumah, (2) terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap keterampilan sosial, (3) terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap kemampuan literasi anak, (4) terdapat pengaruh langsung lingkungan keaksaraan di rumah terhadap keterampilan sosial, (5) terdapat pengaruh langsung lingkungan keaksaraan di rumah terhadap kemampuan literasi anak, (6) terdapat pengaruh langsung keterampilan sosial anak terhadap kemampuan literasi anak. Kesimpulan penelitian adalah bahwa kemampuan literasi anak dipengaruhi secara langsung positif oleh status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial. Artinya semakin baik status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial anak akan semakin memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi anak. Pengaruh tidak langsung status sosial ekonomi terhadap kemampuan literasi anak melalui lingkungan keaksaraan di rumah berpengaruh lebih besar. Analisis multivariat antar variabel bebas terhadap variabel terikat ditemukan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320 yang berarti secara simultan 32% variabel kemampuan literasi anak dapat dijelaskan oleh variabel status sosial ekonomi, lingkungan keaksaraan di rumah dan keterampilan sosial.*********The purpose of this study was to determine the effect of socioeconomic status, home literacy environment and social skills on literacy at first grade students in East Java as many as 120 children who were determined by the multistage cluster random sampling method. This study uses an associative quantitative approach with path analysis techniques. The results showed: (1) there is a direct effect of socioeconomic status on home literacy environment, (2) there is a direct influence of socioeconomic status on social skills, (3) there is a direct influence of socioeconomic status on early childhood literacy, (4) there is a direct influence of home literacy environment on social skills, (5) there is a direct influence of home literacy environment on early childhood literacy, (6) there is a direct influence on social skills on early childhood literacy. The conclusion of the study is that early childhood literacy are directly affected positively by socioeconomic status, home literacy environment and social skills. This means that the better the socioeconomic status, home literacy environment and social skills the more positive impact on early childhood literacy. The indirect effect of socioeconomic status on early childhood literacy through home literacy environment has a greater effect.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. ; 2). Dr. Elindra Yetti, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:01
Last Modified: 25 Feb 2021 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13198

Actions (login required)

View Item View Item