MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUTSAL BERBASIS MULTIMEDIA

MUHAMMAD IQBAL, . (2021) MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUTSAL BERBASIS MULTIMEDIA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER PDF.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (492kB)
[img] Text
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan futsal yang bervariatif dan menarik berbasis multimedia, dengan hasil produk dalam bentuk Video Compact Disk (VCD) yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran futsal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian pengembangan diadaptasi dengan desain penelitian pengembangan oleh Borg and Gall. Tempat pelaksanaan penelitian pada mahasiswa Pendidikan Olahraga STKIP Kusumanegara Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Tahapan pengumpulan data dilakukan pada tahapan awal, uji ahli, uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil, uji lapangan (field Testing), uji efektifitas menggunakan metode statistik (uji-t). Hasil penelitian membuktikan; dari hasil evaluasi ahli futsal dan ahli multimedia diperoleh secara keseluruhan produk ini memenuhi kriteria baik sehingga dapat digunakan dalam tahap uji coba selanjutnya. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 91,69 % dengan kategori baik, sedangkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase 94,16 % dengan kategori baik. Sedangkan hasil uji efektivitas keterampilan futsal dapat dibuktikan dari jumlah nilai akhir pada hasil pretest 94,08 dan hasil posttest 142,30. Kemudian di analisis perhitungan menggunakan gain score diperoleh rata-rata gain score 0,72 yang artinya, produk yang dikembangkan memiliki kontribusi pada taraf tinggi pada proses pembelajaran latihan futsal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran bermain futsal berbasis multimedia meningkatkan keterampilan futsal secara efektif dan efisien dan dapat digunakan dalam latihan dan pembelajaran sebenarnya. ********** The purpose of this development research is to produce a multimedia-based futsal skills learning model that is interesting and multimedia-based, with product results in the form of Video Compact Disks (VCD) that can be used in delivering futsal learning material to achieve the expected goals. The method used in this research is development research adapted to the development research design by Borg and Gall. Place of research carried out on STKIP Kusumanegara Jakarta Physical Education students. Data collection is done by observation, interviews and questionnaires. The stages of data collection are carried out in the initial stages, expert testing, limited testing is carried out on small groups, field testing, effectiveness testing using statistical methods (t-test). Research results prove; from the results of the evaluation of futsal experts and multimedia experts it was found that overall the product met the criteria well so that it could be used in the next trial phase. The results of small group trials obtained a percentage of 91.69% with a good category, while the results of the large group trials obtained a percentage of 94.16% with a good category. While the results of the effectiveness test of futsal skills can be proven from the total final scores on the pretest results of 94.08 and posttest results of 142.30. Then in the analysis of calculations using the gain score obtained an average gain score of 0.72, which means that the product developed has a contribution at a high level in the futsal training process. So it can be concluded that through multimedia-based futsal play learning models improve futsal skills effectively and efficiently and can be used in actual practice and learning.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. dr. James Tangkudung, Sport Med., M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Film, Sinema
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 9268 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:46
Last Modified: 25 Feb 2021 10:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13240

Actions (login required)

View Item View Item