HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH, JAKARTA SELATAN

LUCIA AMBARWATI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH, JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lucia Ambarwati.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kelurahan Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi rxy= 0,585 dan dengan koefisien determinasi sebesar 32,44%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan thitung (5,50) > ttabel (2,00). Hasil ini menunjukkan bahwa konsep diri dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Oleh sebab itu, orangtua dan guru perlu mengetahui konsep diri siswa agar dapat mengetahui kondisi psikologis siswa dan memberikan contoh yang baik dalam penerapan konsep diri untuk mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., ; Nidya Chandra M. U.,S.Pd., M.Si.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 15:31
Last Modified: 08 Nov 2019 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item