Mariensiana Rerin Sogen, . (2016) PENINGKATAN EMPATI SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi utuh.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Empati Siswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pembelajaran Tematik di kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran tematik untuk tindakan guru siklus I adalah 65%, dan siklus II 88,33% dan data yang diperoleh dari proses pembelajaran tematik untuk tindakan siswa siklus I adalah 66%, dan siklus II 88%. Adapun nilai rata-rata empati siswa pada siklus I adalah 51,85% dan siklus II 92,59%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa empati siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dapat ditingkatkan dalam Pendidikan Kewarganegaraan melalui pembelajaran tematik. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tematik merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan empati siswa di kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd, ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi, |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 16:59 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 16:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |