PERBAIKAN DESAIN BAUT PENGENCANG PADA SISTEM PENGGERAK RUBBER TYRED GANTRY CRANE

RIZKA APRILIA HALIYA TANJUNG, . (2021) PERBAIKAN DESAIN BAUT PENGENCANG PADA SISTEM PENGGERAK RUBBER TYRED GANTRY CRANE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-Rizka.pdf

Download (100kB)

Abstract

Terjadi kegagalan pada baut pengencang pada sistem penggerak rubber tyred gantry crane setelah dua tahun beroperasi di pelabuhan Tanjung Priok Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan solusi desain dengan memperbaiki desain komponen baut pengencang yang gagal agar memenuhi kriteria desain dengan safety factor yang optimal. Metode pada penelitian ini menggunakan simulasi software berbasis FEM (Finite Element Metode). Pertama, pengumpulan data dilakukan dengan investigasi lapangan dan perhitungan ulang sehingga didapatkan data beban tangensial sebesar 80.821,6 N, kecepatan rubber wheel 60 m/min, dan daya motor penggerak 45 kW. Kemudian dilakukan perhitungan desain untuk perbaikan geometri 2D komponen, dan perakitan menggunakan software Autocad, lalu geometri 3D diawali dengan mendesain 3D, assembly, pembebanan, meshing, serta dilakukan simulasi yang menghasilkan analisis tegangan, perpindahan, dan faktor keamanan menggunakan stress analysis pada software Inventor, analisis dilakukan pada baut pengencang sebelum dan sesudah perbaikan. Dari hasil simulasi perbaikan desain baut pengencang diperoleh nilai faktor keamanan yang optimal mendekati Sf ≥ 3 dimana memenuhi kriteria desain yang optimal. There was a failure in the tensioner bolts on the driving system of rubber tyred gantry crane system after two years of operation in the Tanjung Priok seaport of Indonesia. The aim of this research was to get the design solution by improving the design of the failure tensioner bolt component to fulfill optimum design and safety criteria. The method in this research used a software simulation based on FEM (Finite Element Method). First, collecting data was carried out by site investigation and recalculation to obtain tangential load data of 80,821.6 N, speed of the rubber tyred 60 m / min, and power of drive motor 45 kW. Then design calculation for improvement 2D geometry of the components, and assembly using the Autocad software, then 3D geometry begins with 3D design, assembly, loading, meshing, and simulations are carried out which results in stress analysis, displacement, and safety factors using stress analysis on Inventor software, analysis is carried out on tensioner bolts before and after improvement. From the simulation results of the design of tensioner bolts, the optimal safety factor value is close to Sf ≥ 3 which meets the optimal design criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ragil Sukarno, M.T. ; 2). Drs. H. Sirojuddin, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 9428 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:50
Last Modified: 04 Mar 2021 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13396

Actions (login required)

View Item View Item