Perencanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Semester II Kompetensi Dasar Menentukan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dan Menggunakan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning

EDWIN ADHIWENA, . (2021) Perencanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Semester II Kompetensi Dasar Menentukan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dan Menggunakan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Semester II Kompetensi Dasar Menentukan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dan Menggunakan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Makalah Komprehensif ini bertujuan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dengan pembahasan Kompetensi Dasar Menentukan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik dan Menggunakan Peralatan Ukur Listrik untuk Mengukur Besaran Listrik. Penulisan dilaksanakan di jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan Januari 2021 – Februari 2021. Perencanaan pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika SMK Tamansiswa 2 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas X semester II ini dibuat berdasarkan strategi pembelajaran 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, and Creativity), metode pembelajaran daring, model pembelajaran Problem Based Learning, dengan mengkaji silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta soal-soal latihan untuk mengevaluasi belajar peserta didik yang akan digunakan sebagai tolak ukur dan penentuan peserta didik dapat dinyatakan berhasil sesuai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penggunaan model tersebut dalam pembelajaran secara tepat dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik khususnya peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Plans for Implementation for the subject on Basic Electrical and Electronics Class X Even Semester Basic Competencies Determining Electrical Measurement Instrument for Measuring Electrical Measurement and Utilize Electrical Measurement Instrument for Measuring Electrical Measurement with Problem Based Learning Model. This Comprehensive Paper aims to make a Planning of Basic Electrical and Electronics for Class X Department of the Electricity Utilization Installation Engineering. With a discussion on basic competencies Determining Electrical Measurement Instrument for Measuring Electrical Quantities and Utilizing Electrical Measurement Instrument for Measuring Electrical Quantities. Written at, State University of Jakarta, Electrical Engineering Majors, Study Program on Electrical Engineering, Faculty of Engineering, in January 2021 – February 2021. Plans for Implementations of Basic Electrical and Electronics, Tamansiswa 2 Vocational High School, Department of Expertise in Electricity Utilizations Installation Engineering Class X Even Semester based on 4C Learning Strategy (Critical Thinking, Collaboration, Communication, and Creativity), online teaching method, Problem Based Learning model, examining syllabus and creating plans for implementation, and exercises to evaluate the students as an indicator and to determine if a student succeed according to the curriculum. The appropriate use of learning method in study can increase the interest and motivation of students, especially students of Vocational High Schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Aris Sunawar, S.Pd, MT
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 9242 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 08:02
Last Modified: 19 Jan 2024 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13458

Actions (login required)

View Item View Item