NUR CHALIPAH, . (2018) DEVELOPING THE EPG (EUROPEAN PROFILING GRID)BASED ASSESSMENT SPECIFICATIONS OF METHODOLOGY COMPETENCES FOR UNDERGRADUATE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM IN INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
NUR CHALIPAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang sekarang in bertujuan untuk mengembangkan kerangka penilaian berdasar EPG pada kemampuan metodologi pengajaran untuk program studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain dan pengembanganserta memodifikasi tahapannya. Tahap penelitian desain dan pengembangan ini adalah 1) mengidentifikasi masalah, 2) mendeskripsikan tujuan, 3) mendesain dan mengembangkan produk, 4) menguji produk dengan diskusi kelompok terpumpun (DKT)dan 5) revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 305 mata kuliah di program S1 bahasa inggris dari 5 universitas hanya ada 19 mata kuliah yang sejalan dengan fase perkembangan EPG. Kemudian, dari 19 mata kuliah tidak ditemukan kerangka penilaian untuk mengukur kemampuan metodologi pengajaran. Kemudian, sebuah kerangka penilaian dikembangkan dengan 1) mendeskripsikan tujuan berdasarkan temuan, 2) menyusun tujuan yang mencakup kemampuan untuk tingkat guru pemula (fase perkembangan EPG 1.1) hingga tingkat guru berpengalaman (fase perkembangan EPG 2.2), 3) memilih materi uji yang sesuai, 4) menentukan tingkat kognitif untuk kemampuan yang diuji, 5) Memaparkan tipe penilaian 6) menentukan waktu mengerjakan 7) memaparkan arahan untuk melakukan penilaian dalam bentuk praktek dan secara tertulis 8) menentukan nomor 9) menentukan berapa banyak soal yang dinilai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ifan Iskandar 2) Dr. Ratna Dewanti |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 10:25 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 10:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1347 |
Actions (login required)
View Item |