PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN MICROLEARNING UNTUK KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

PRATIWI KARTIKA SARI, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN MICROLEARNING UNTUK KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan kompetensi Keterampilan Dasar Mengajar membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan latihan praktik dan pemberian umpan balik yang berkesinambungan. Penggunaan e-learning menjadi salah satu alternative untuk mengatasi keterbatasan waktu pada pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gamifikasi menggunakan microlearning yang terintegrasi pada e-learning untuk keterampilan dasar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada pendekatan penelitian dan pengembangan Willis yang terdiri dari tiga tahapan: analisis kebutuhan, pengembangan dan evaluasi. Pada disetiap tahapan dikombinasikan dengan model Morschheuser untuk mengembangkan model gamifikasi dan model 4C & DO untuk mengembangkan bahan ajar microlearning. Evaluasi formatif dimulai dari evaluasi ahli, uji coba perorangan dan kelompok kecil yang bertujuan untuk menilai kelayakan produk pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata ahli materi 3.7 yang berarti produk tersebut dinilai baik, ahli bahasa 3,8 yang berarti produk tersebut baik, ahli desain pembelajaran 3,7 yang berarti produk tersebut baik, dan ahli media 3,4 yang berarti produk tersebut dinilai baik. Kemudian pada tahap uji coba terhadap mahasiswa hasil rata-rata untuk tahap uji perorangan 3,3 yang berarti produk tersebut dinilai sangat baik dan pada tahap ini uji coba uji lapangan 3.7 dianggap baik. Hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 38,5%. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran gamifikasi menggunakan microlearning efektif untuk meningkatkan hasil belajar penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar. Teaching skills competencies requires sufficient time to do practical exercises and provide continuous feedback. The use of e-learning is an alternative to overcome the limited time in face-to-face learning. This study aims to develop a gamification learning model using integrated microlearning in e-learning for basic teaching skills. The research method used is a research and development method which refers to Willis' research and development approach which consists of three stages: needs analysis, development and evaluation. At each stage it is combined with the Morschheuser model to develop a gamification model and the 4C & DO model to develop microlearning teaching materials. Formative evaluation starts from expert evaluation, individual and small group trials which aim to assess the feasibility of the learning products being developed. The results showed that the average value of material experts was 3.7 which means the product was considered good, linguist 3.8 which means the product is good, learning design experts 3.7 which means the product is good, and media experts 3.4 which means the product rated good. Then at the testing stage for students the average result for the individual test stage was 3.3, which means the product was considered very good and at this stage the 3.7 field trial was considered good. The results of the pretest and posttest showed an increase in the percentage of student learning outcomes by 38.5%. So it can be concluded that the development of the gamification learning model using microlearning is effective to improve learning outcomes for mastery of basic teaching skills.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9571 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:54
Last Modified: 04 Mar 2021 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item