MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS X SMALB DI SLB BUDI DAYA JAKARTA TIMUR

MAULIA ULFA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS X SMALB DI SLB BUDI DAYA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_PLB FIP UNJ_MAULIA ULFA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SLB Budi Daya dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juni sampai pada bulan November pada semester 103/7 tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini, yaitu peserta didik dengan gangguan intelektual kelas X SMALB, Budi Daya, Jakarta Timur, berjumalah 4 orang. Penggunaan model penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah metode dari Kemmis dan Mc Taggrat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan analisis belajar tuntas, yang menghasilkan presentase peningkatan hasil belajar IPS. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes tertulis, observasi, dan wawancara. Hasil yang didapat pada pra-tes menunjukkan bahwa 4 peserta didik belum mencapai batas minimal yang telah disepakati oleh peneliti dan kolaborator sebagai batas ketuntasan. Setelah memperoleh data awal dilakukan tindakan siklus I. Dari hasil akhir pertemuan siklus I diperoleh data bahwa semua subyek mengalami peningakatan yang baik. Hal ini terlihat dari pemerolehan tes evaluasi siklus I, yang mana terlihat 1 peserta didik sudah mencapai batas ketuntasan minimal sedangkan 3 belum mencapai batas ketuntasan minimal. Untuk memperbaiki hasil siklus I diadakan siklus II. Hasil yang diperoleh, 4 peserta didik sudah mencapai batas minimum ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas X SMALB di SLB Budi Daya, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed ; 2). Drs. Ibrahim Abidin M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 11:16
Last Modified: 11 Nov 2019 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item