MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM HATI BAHASA INGGRIS MELALUI METODE SQ4R DI KELAS V SDN MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

MEEY EMMA UNIWALY, . (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM HATI BAHASA INGGRIS MELALUI METODE SQ4R DI KELAS V SDN MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_MEEY EMMA UNIWALY_1815118444.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan suatu perbaikan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan membaca dalam hati siswa pada mata pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas V SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan melalui metode SQ4R. penelitian ini di laksanakan di SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Tahun 2014/2015 yang berjumlah 38 orang siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode spira/siklus dari Kemis dan Taggart dengan empat pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca dalam hati secara bertahap setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I, persentase pencapaian hasi keterampilan membaca dalam hati dengan persentase 60%, hasil persentase pemantau tindakan guru dan siswa sebesar 60%. Pada siklus II persentase pencapain hasil keterampilan membaca dalam hati siswa 100%, hasil pemantau tindakan guru dan siswa sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan metode SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca dalam hati siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris kelas V SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa metode SQ4R merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa inggris siswa kelas V dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M. Si ; 2). Dr. Herlina, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 11:27
Last Modified: 11 Nov 2019 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item