PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 13 JAKARTA

SULTAN ALKINDY, . (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (656kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (321kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Kata pengantar.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia yang merupakan bangsa dengan tingkat keberagaman yang tinggi. Beberapa dekade terakhir ini kita dihadapkan dengan beberapa konflik yang berlatar belakangkan perbedaan, baik itu perbedaan agama, suku atau budaya. Dalam hal ini, pendidikan agama dinilai gagal dalam menjalankan salah satu perannya, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisis tentang pendidikan multikulturalisme. Penelitian sebelumnya lebih banyak melakukan penelitian di sekolah umum yang dimana tidak menggambarkan secara detail bagaimana agama islam mengajarkan tentang toleransi karna minimnya waktu yang bisa dipakai dalam pelajaran agama, dan dengan hadirnya murid beragama selain islam tidak dapat menggambarkan bagaimana agama islam mengajarkan tentang toleransi karena seringnya interaksi dengan murid beragama lain tanpa ada ajaran agama didalamnya. Peneliti tertarik untuk meneliti di madrasah karena materi agama yang diajarkan khususnya tentang multikulturalisme akan lebih detail. Penelitian ini akan dilakukan pada MAN 13 Jakarta dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan Pendidikan Agama Islam di MAN 13 Jakarta diatur oleh Kementrian Agama melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran PAI di Madarasah harus berbasis kepada pembiasaan, pembudayaan dan pemberdayaan untuk membentuk peradaban bangsa. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI di Madrasah dilaksanakan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI di Madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya Madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) yang bertujuan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun masyarakat berbasis pengetahuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3) Para guru menjelaskan bahwa bagaimana sikap kita sebagai umat muslim yang sebagai mayoritas di Indonesia tidak boleh ada niatan untuk merendahkan maupun mendiskriminasi agama lain. Indonesia, which is a nation with a high level of diversity. In the last few decades, we have been faced with several conflicts based on differences, be it religious, ethnic or cultural differences. In this case, religious education is considered to have failed in carrying out one of its roles, namely creating Indonesian society that can create harmony and peace. This study seeks to describe and analyze multiculturalism education. Previous research conducted more research in public schools which did not describe in detail how Islam teaches about tolerance because of the lack of time that can be used in religious lessons, and the presence of students of religions other than Islam cannot describe how Islam teaches about tolerance because of frequent interaction with students of other religions without any religious teachings in it. Researchers are interested in researching in madrasas because the religious material taught, especially about multiculturalism, will be more detailed. This research will be conducted at MAN 13 Jakarta using a qualitative descriptive approach with a field study design. The data were collected by means of interview, observation, and documentation techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are 1) Planning for Islamic Religious Education in MAN 13 Jakarta is regulated by the Ministry of Religion through the Decree of the Minister of Religion Number 183 of 2019 concerning Islamic Education Curriculum and Arabic in Madrasas. The development of the Islamic education curriculum and learning in Madarasah must be based on habituation, culture and empowerment to form the nation's civilization. 2) Implementation of Islamic Education in Madrasahs is carried out in order to meet the dynamics of religious, social, national and state life. PAI in Madrasah is designed to support the realization of Madrasas as agents of change which aim to prepare students who have an attitude of religious moderation and contribute optimally in efforts to build a knowledge-based society within the framework of the Unitary State of the Republic of Indonesia. 3) The teachers explain that our attitude as Muslims, as the majority in Indonesia, should not have any intention to demean or discriminate against other religions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I, MA, PhD. ; 2). Muslihin, S.Pd.I, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 9162 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:04
Last Modified: 02 Mar 2021 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13543

Actions (login required)

View Item View Item