MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SLBN 7 JAKARTA)

MUBAROK, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SLBN 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mumu 211.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pada peserta didik hambatan intelektual kelas IV di SLBN 7 Jakarta dan dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai bulan Oktober 2015. Subjek penelitian adalah peserta didik hambatan intelektual kelas IV di SLBN 7 Jakarta yang berjumlah empat peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan melipat dan menggunting kertas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa lembar instrument kemampuan keterampilan melipat dan menggunting kertas. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pada peserta didik hambatan intelektual kelas IV. Penelitian ini juga menunjukan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pada peserta didik hambatan intelektual ringan kelas IV di SLBN 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indra Jaya, M.Pd ; 2). Lalan Erlani, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 13:44
Last Modified: 11 Nov 2019 13:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item