Hubungan Kreativitas Gerak terhadap Hasil Belajar Improvisasi Gerak dalam Berkarya Tari Siswa Kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta

Poppy Damalia Kartamiharja, . (2018) Hubungan Kreativitas Gerak terhadap Hasil Belajar Improvisasi Gerak dalam Berkarya Tari Siswa Kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (384kB)
[img] Text
4. Lembar Perbaikan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
8. Daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9. Bab I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
10. Bab II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
11. Bab III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf

Download (441kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kreativitas gerak terhadap hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari siswa kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori S.C. Utami Munandar tentang kreativitas. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) adalah kreativitas gerak, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 74 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes unjuk kerja pada keterampilan. Analisis data menggunakan uji korelasi product momentdengan uji prasyarat hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas gerak terhadap hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari siswa kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta, dibuktikan dengan nilai thitung = 41,55>ttabel = 2,00 artinya koefisien korelasi yaiturxy = 0,98 adalah signifikan. Koefisien determinasi pada kreativitas gerak terhadap hasil belajar imrpovisasi gerak (rxy)² = (0,98)² = 0,96 = 96%. Hal ini membuktikan bahwa kreativitas memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar improvisasi gerak dengan jumlah hasil perhitungan sebesar 96% (sangat signifikan), sedangkan sisanya 4% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rahmida Setiawati, MM 2) Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Nov 2019 15:43
Last Modified: 11 Nov 2019 15:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item