UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM KINDERROMAN HEIDIS LEHR- UND WANDERJAHRE KARYA JOHANNA SPYRI

MIRANDA ZULIANA, . (2021) UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM KINDERROMAN HEIDIS LEHR- UND WANDERJAHRE KARYA JOHANNA SPYRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam roman anak Heidis Lehr- und Wanderjahre karya Johanna Spyri. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 191 data berupa kalimat dalam suatu situasi yang merujuk pada unsur-unsur intrinsik roman anak Heidis Lehr- und Wanderjahre. Secara rinci, terdapat 12 data yang mengacu pada unsur Handlung (alur), dalam unsur Figuren (tokoh) terdapat sebanyak 92 data yang mengacu pada Die Charakterisierung der Figuren (karakterisasi tokoh), sebanyak 13 data yang mengacu pada Die Konstellation der Figuren (Konstelasi tokoh) dan sebanyak 3 data yang mengacu pada Die Konzeption der Figuren (Konsepsi tokoh). Selanjutnya, terdapat sebanyak 30 data yang mengacu pada unsur Der Raum (latar tempat), sebanyak 39 data yang mengacu pada unsur Die Zeit (latar waktu), dan sebanyak 2 data yang mengacu pada unsur Blickwinkel (sudut pandang). Teori analisis unsur-unsur intrinsik dari Reinhard Marquaβ dalam Duden: Prosatexte analysieren digunakan sebagai acuan teori penelitian untuk menggambarkan unsur-unsur intrinsik, yaitu alur, tokoh, latar tempat, latar waktu dan sudut pandang. Berdasarkan hasil penelitian analisis unsur-unsur intrinsik dalam roman Heidis Lehr- und Wanderjahre karya Johanna Spyri dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur intrinsik sesuai teori Reinhard Marquaβ yaitu alur, tokoh dan penokohan, latar tempat, latar waktu dan sudut pandang digambarkan dengan sangat jelas dan rinci. Terdapat beberapa unsur yang lebih dominan di antara unsur lainnya seperti unsur penokohan tokoh utama Heidi yang didominasi oleh karakterisasi tokoh secara tidak langsung atau eksplisit (indirekte Chrakterisierung) dan latar waktu. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena unsur-unsur lainnya tetap digambarkan dengan baik sesuai teori Marquaβ dan saling terikat satu sama lain. Unsur-unsur yang telah dideskrpsikan tadi saling mempengaruhi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Alur merupakan rangkaian suatu peristiwa yang terjadi dalam sebuah karya sastra. Penokohan merupakan cerminan perilaku dari peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam bingkai alur. Untuk memperjelas alur cerita, yang di dalamnya terdapat tokoh sebagai pelaksana peran, maka dibutuhkan latar agar terkesan lebih nyata. Selanjutnya, sudut pandang diperlukan keberadaannya dalam sebuah karya sastra agar pembaca lebih mudah dalam memahami isi cerita. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa unsur- unsur intrinsik dalam Kinderroman Heidis Lehr- und Wanderjahre digambarkan dengan sangat jelas dan rinci dan terdapat ketekaitan antar masing-masing unsurnya. Kata kunci: Unsur-unsur intrinsik, roman anak, Heidis Lehr- und Wanderjahre, Johanna Spyri ABSTRACT: This study aims to determine the intrinsic elements in the children roman Heidis Lehr- und Wanderjahre by Johanna Spyri. In this study used descriptive qualitative research methods with literature study techniques. The results showed that there were 191 data in the form of sentence in a situation which refers to the intrinsic elements of the children's roman Heidis Lehr- und Wanderjahre. In detail, there were 12 data that refer to the Handlung (flow) element, in the figure element there were 92 data that refer to die Charakterisierung der Figuren (character characterization), 13 data that refer to die Konstellation der Figuren and 3 data that refer to die Konzeption der Figuren (Character conception). Furthermore, there are 30 data that refer to the der Raum element (background), 39 data that refer to the die Zeit element (time setting), and 2 data that refer to the Blickwinkel element (point of view). The theory of intrinsic element analysis from Reinhard Marquaβ in Duden: Prosatexte analysis are used as a reference for research theory to describe intrinsic elements, namely plot, character, place setting, time setting and point of view. Based on the results of research on the analysis of intrinsic elements in Johanna Spyri's roman Heidis Lehr- und Wanderjahre, it can be concluded that the intrinsic elements according to Reinhard Marquaβ's theory, namely plot, character, place setting, time setting and point of view are described very clearly and detail. There are several elements that are more dominant among other elements, such as the characterization element of the main character Heidi which is dominated by indirect or explicit characterization and time setting. However, it does not matter because the other elements are still well described according to the Marquaβ theory and are bound to each other. The elements which have been described earlier influence each other and cannot be separated from one another. Flow is a series of events that occur in a literary work. Characterization is a reflection of the behavior of the events that occur within the flow frame. To clarify the story line, in which there is a character as the actor, a setting is needed to make it seem more real. Furthermore, it is necessary to have a point of view in a literary work so that readers can more easily understand the content of the story. From the above explanation, it can be concluded that the intrinsic elements in the Heidis Lehr- und Wanderjahre's children roman are described very clearly and detail and there is a connection between each of the elements. Keywords: Intrinsic Elements, Children roman, Heidis Lehr- und Wanderjahre, Johanna Spyri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd 2) Uryadi, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 9452 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:26
Last Modified: 02 Mar 2021 04:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item View Item