Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in Bekasi Timur

Ananda Yudha Priyatna, . (2018) Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in Bekasi Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fiks Yudha.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANANDA YUDHA PRIYATNA, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in yang beralamat di jalan Buwek Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, dan penelitian dimulai dari tanggal 17 Juli – 1 Desember 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan, materi, kegiatan, dan metode. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementrian Agama dan dipadukan dengan kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Salaf dan Modern.yang menambahkan materi pembelajaran yang bersumber dari buku-buku yang digunakan di pondok pesantren salaf dan modern. Adapun peserta berasal dari berbagai kalangan usia mulai dari umur 13 – 16 tahun serta dari domisili yang berbeda- beda.Semua pengajar Bahasa arab merupakan alumni dari pondok pesantren, yang telah memiliki pengalaman di dalam pembelajaran Bahasa Arab. Guru dipondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in berjumlah Dua Puluh guru. Tujuh guru lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi, dan guru-guru yang lainnya lulusan dari pondokpondok Pesantren. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in adalah mempersiapkan siswa agar dapat menguasai 4 keterampilan berbahasa agar mudah dalam memahami pelajaran-pelajaran serta juga agar siswa dapat memahami bacaan mereka ketika melaksanakan ibadah. Adapun materi pembelajaran bersumber dari buku "Durusul Mughoh Arobiyyah " karangan Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. Dari nahwu, buku yang digunakan adalah buku Nahwu Wadhih, Jurumiyah dan Imriti. Dari buku shorf, buku shorf Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah dan Amtsilah tasrifiyah yang digunakan. Dan untuk pelajaran Insya dan tarjamah, siswa menggunakan tema yang sedang hangat di era saat ini. Buku- ن buku ini merupakan buku wajib dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode gramatikal terjemah, metode langsung, metode Membaca. Media pembelajaran hanya berupa media visual yaitu papan tulis dan buku paket serta LCD Proyektor. Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan pengajar di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in berbentuk Evaluasi lisan dan tertulis. Dalam hal ini guru juga mengadakan ujian atau tes akhir seperti yang dilakukan pada sekolah-sekolah pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr.Syamsi Setiadi, M.Pd 2)M. Kamal bin Abdul Hakim, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sigit Nugroho .
Date Deposited: 08 Oct 2019 10:21
Last Modified: 08 Oct 2019 10:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item