MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENGURANGAN MENGGUNAKAN MEDIA TANGGA MANIK-MANIK PENDEK PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS III DI SLB B/C KARYA GUNA JAKARTA TIMUR

MUTIARAHMAH KASIM, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENGURANGAN MENGGUNAKAN MEDIA TANGGA MANIK-MANIK PENDEK PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS III DI SLB B/C KARYA GUNA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_PLB FIP UNJ_MUTIARAHMAH KASIM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung pengurangan menggunakan media media tangga manik-manik pendek pada peserta didik kelas III Gangguan Intelektual ringan di SLB B/C Karya Guna, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Menurut Kemmis dan Mc. Taggart penelitian yang menempuh langkah-langkah yang dilakukan secara siklus. Penelitian menetapkan satu siklus yang terdiri dari tiga tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan & pengamatan dan (3) Refleksi. Dalam penelitian ini terdapat 2 siklus. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tangga manik-manik pendek, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas III di SLB B/C Karya Guna, Jakarta Timur dibandingkan dengan pra tindakan. Terbukti dengan meningkatkannya hasil belajar matematika pada kemapuan awal rata-rata kelas sebesar 23,3, siklus I rata-rata kelas sebesar 56,6, dan siklus II rata-rata kelas sebesar 86,6. Dengan menggunakan media tangga manik-manik pendek peserta didik lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik menjadi aktif bersemangat dan tertarik dalam pembelajaran matematika operasi hitung pengurangan. Karena dalam media ini peserta didik diharuskan lebih aktif dan turut serta dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indra Jaya, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 16:00
Last Modified: 11 Nov 2019 16:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item