PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ‘’KARTU KREATIF’’ UNTUK MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS ‘’CARD SORT’’ PADA SISWA KELAS VII SMP

SHIVA FAUZIAH ACHMAD, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ‘’KARTU KREATIF’’ UNTUK MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS ‘’CARD SORT’’ PADA SISWA KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pengembagan media pembelajaran dengan “Kartu Kreatif” berbasis Card Sort untuk mempelajari materi tentang Teks Prosedur yang berhasil diterapkan pada siswa kelas VII di tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam model ADDIE, yang dilakukan pertama ialah Analyze/analisis, dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan kepada guru dan siswa. Yang kedua design/rancangan, peneliti merancang media pembelajaran untuk kebutuhan teks yang diteliti dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan. Yang ketiga development/pengembangan, peneliti melakukan validasi kepada ahli untuk media pembelajaran yang telah dikembangkan. Yang keempat Implementation/implementasi, setelah melakukan validasi dan mendapat persetujuan oleh ahli terkait media pembelajaran yang dikembangkan, peneliti melakukan pengambilan data pada kelompok kecil/small group siswa disekolah yang telah dituju. Yang kelima evaluation/evaluasi tahap ini produk mendapatkan penilaian terhadap kelayakan yang telah dievaluasi oleh para ahli (guru) dan siswa dikelas. Peneliti melakukan proses validasi dengan mekanisme “evaluasi formatif” dengan mengumpulkan data pada setiap langkah yang digunakan untuk perbaikan, dan “evaluasi sumatif (survei/kuesioner) kepada “Tim Ahli/Pakar (expert) sebanyak 3 orang yang ahli dibidangnya dan juga para siswa dalam bentuk “kelompok kecil/small-group” sebanyak 32 orang”. Hasil perhitungan validasi terhadap penilain dari “Tim Ahli” menggunakan perhitungan CVR (Content Validity Ratio) dengan nilai skor mean-CVR sebesar 0,91 (hasil tersebut valid karena memenuhi syarat, yakni skor lebih besar dari 0.62, sesuai dengan rujukan referensi). Sementara itu, untuk validasi terhadap penilaian dari para siswa, hasil perhitungan statistik menghasilkan nilai skor mean sebesar 3,18 dengan simpangan baku (deviation standard) sebesar 0,32 Hasil tersebut masuk dalam kategori B (Baik) sesuai dengan referensi penilaian survei/kuisioner interval penilaian yang diberikan berupa skor 1 hingga 4. Merujuk pada hasil evaluasi dan data statistik dari penelitian yang telah divalidasi tersebut, maka “Kartu Kreatif” layak digunakan sebagai media pembelajaran “Teks Prosedur” yang efektif dan efisien. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kreatif, Card sort, Teks Prosedur Development of instructional media using Card Sort-based "Creative Cards" to study material on Procedural Texts that were successfully applied to grade VII students at the junior high school level (Middle School). This research was conducted using the ADDIE methd (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) mechanism. In the ADDIE model, the first thing to do is Analyze / analysis, which is done by analyzing the needs of teachers and students. The second is design, the researcher designs the instructional media for the needs of the text under study from the results of the needs analysis carried out. The third is development, the researcher validates the experts for the learning media that has been developed. The fourth implementation / implementation, after validating and obtaining approval by experts related to the learning media developed, the researcher collected data on small groups of students at the targeted schools. The fifth evaluation / evaluation at this stage the product gets an assessment of the feasibility that has been evaluated by experts (teachers) and students in the class. To validate the results of this study, the researcher carried out a validation process with a "formative evaluation" mechanism by collecting data at each step used for improvement, and "summative evaluation (survey / questionnaire) to the" Team of Experts (expert) as many as 3 people who experts in their fields and also students in the form of "small-groups" of 32 people ". The results of the validation calculation on the assessment of the "Expert Team" use the CVR (Content Validity Ratio) calculation with a mean-CVR score of 0.91 (the result is valid because it meets the requirements, namely a score greater than 0.62, according to the reference reference). Meanwhile, for validation of the students' assessments, the results of statistical calculations resulted in a mean score of 3.18 with a standard deviation of 0.32.The results were included in category B (Good) according to the survey / interval questionnaire assessment references. The assessment given is in the form of a score of 1 to 4. Referring to the evaluation results and statistical data from the validated research, the "Creative Card" deserves to be used as an effective and efficient "Procedure Text" learning medium. Keywords: Card sort, Creative Cards, Procedure Text

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Endry Boeriswati,M.Pd 2) Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 9029 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:22
Last Modified: 02 Mar 2021 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item