PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

WAHYUDI, . (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Berwirausaha. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret 2020 sampai dengan September 2020. Populasi terjangkau pada penelitian ini memiliki jumlah 130 mahasiswa dengan sampel berjumlah 97 mahasiswa. Teknik pengambilan Sampel tersebut mengacu pada tabel Isaac dan Michael dengan menggunakan proportional random sampling dan menggunakan skala likert. Pendidikan Kewirausahaan (X), Sikap Berwirausaha (Z) dan Intensi Berwirausaha (Y) merupakan data primer yang berbentuk dalam kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu, analisa outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Pada analisa outer model terdiri dari Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, dan Cronbach Alpha. Hasil uji Convergent Validity seluruh indikator pada setiap construct pendidikan kewirausahaan (X), sikap berwirausaha (Z), dan intensi berwirausaha (Y) memiliki nilai > 0,7. Hasil uji Discriminant Validity setiap construct pendidikan kewirausahaan (X), sikap berwirausaha (Z), dan intensi berwirausaha (Y) mempunyai nilai loading yang lebih tinggi dari nilai loading construct lainnya. Hasil uji Composite Reliability pendidikan kewirausahaan (X) sebesar 0,937 > 0,7, sikap berwirausaha (Z) sebesar 0,921 > 0,7 dan intensi berwirausaha (Y) mempunyai nilai sebesar 0,935 > 0,7. Hasil uji Cronbach Alpha pendidikan kewirausahaan (X) sebesar 0,924 > 0,7,sikap berwirausaha (Z) sebesar 0,902 > 0,7 dan intensi berwirausaha (Y) memiliki nilai sebesar 0,921 > 0,7. Pada analisa inner model terdiri dari R-Square (R2 ), F-Square (F2 ), dan Variance Inflation Factor (VIF). Hasil uji R-Square (R2 ) pada model jalur I = 0,750, artinya kemampuan konstruk variabel pendidikan kewirausahaan (X) dalam menjelaskan sikap berwirausaha (Z) adalah sebesar 0,750 atau 75% (kuat). R-Square (R2 ) model jalur II = 0,930, artinya kemampuan konstruk variabel pendidikan kewirausahaan iv dan sikap berwirausaha dalam menjelaskan intensi berwirausaha adalah sebesar 0,930 atau 93% (kuat). Hasil uji F-Square (F2 ) konstruk variabel pendidikan kewirausahaan dengan konstruk sikap berwirausaha sebesar 3,006, konstruk variabel sikap berwirausaha dengan konstruk variabel intensi berwirausaha sebesar 0,283, konstruk variabel pendidikan kewirausahaan dengan konstruk variabel intensi berwirausaha sebesar 1,785. Hasil uji Variance Inflation Factor (VIF) semua indikator dari variabel pendidikan kewirausahaan (X) sebagai variabel bebas (independent), sikap berwirausaha (Z) sebagai variabel (mediasi) dan intensi berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat (dependent) memiliki nilai VIF < 5,0. Selanjutnya uji hipotesis melalui pengukuran pengaruh langsung (direct effect) dan pengaruh tidak langsung (indirect effect). Hasil uji direct effect pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha secara langsung dilihat dari nilai original sample sebesar 0,709 dan TStatistics > 1,96 yaitu 12,766. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. sikap berwirausaha berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha secara langsung dilihat dari original sample sebesar 0,282 dan TStatistics > 1,96 yaitu 4,829. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap sikap berwirausaha secara langsung dilihat dari original sample sebesar 0,866 dan TStatistics > 1,96 yaitu 34,557. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. Dan hasil uji indirect effect pendidikan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha dengan sikap berwirausaha sebagai mediasi diantara keduanya. Nilai original sample dari pengaruh ketiga variabel ini sebesar 0,245 dan TStatistics sebesar 4,655 > 1,96. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values 0,000 < 0,05. Hasil uji sobel test didapatkan nilai Z sebesar 12,817, karena nilai Z yang diperoleh > 1,96 dengan tingkat signifiknsi 5%. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan sikap berwirausaha sebagai mediasi Kata Kunci : Intensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Berwirausaha This study is to determine whether there is an influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions through entrepreneurial attitudes. This research was conducted from March 2020 to September 2020. The affordable population in this study has a total of 130 students with a sample of 97 students. The sampling technique refers to the Isaac and Michael tables using proportional random sampling and using a Likert scale. Entrepreneurship Education (X), Entrepreneurial Attitudes (Z) and Entrepreneurial Intentions (Y) are primary data in the form of a research questionnaire. The data analysis techniques used by researchers are outer model analysis, inner model, and hypothesis testing. In the analysis, the outer model consists of Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, and Cronbach Alpha. The results of the Convergent Validity test for all indicators on each construct of entrepreneurship education (X), entrepreneurial attitudes (Z), and entrepreneurial intention (Y) have a value of> 0.7. The results of the Discriminant Validity test for each entrepreneurial education construct (X), entrepreneurial attitude (Z), and entrepreneurial intention (Y) have a loading value that is higher than the loading value of other constructs. The results of the Composite Reliability test for entrepreneurship education (X) are 0.937> 0.7, entrepreneurial attitude (Z) is 0.921> 0.7 and entrepreneurial intention (Y) has a value of 0.935> 0.7. The results of the Cronbach Alpha test for entrepreneurship education (X) are 0.924> 0.7, entrepreneurial attitude (Z) is 0.902> 0.7 and entrepreneurial intention (Y) has a value of 0.921> 0.7. In the analysis of the inner model consists of R-Square (R2), F-Square (F2), and Variance Inflation Factor (VIF). The results of the R-Square test (R2) on the path I model = 0.750, meaning that the variable construct ability of entrepreneurial education (X) in explaining entrepreneurial attitudes (Z) is 0.750 or 75% (strong). R-Square (R2) model path II = 0.930, meaning that the variable construct ability of entrepreneurship vi education and entrepreneurial attitudes in explaining entrepreneurial intentions is 0.930 or 93% (strong). The results of the F-Square (F2) test for the entrepreneurial education variable construct with the entrepreneurial attitude construct were 3.006, the entrepreneurial attitude variable construct with the entrepreneurial intention variable construct was 0.283, the entrepreneurial education variable construct with the entrepreneurial intention variable construct was 1.785. The results of the Variance Inflation Factor (VIF) test, all indicators of the entrepreneurial education variable (X) as the independent variable (independent), entrepreneurial attitude (Z) as the variable (mediation) and entrepreneurial intention (Y) as the dependent variable (dependent), have a VIF value < 5.0. Furthermore, testing the hypothesis through measuring the direct effect and indirect effect. The results of the direct effect test of entrepreneurship education have a positive effect on entrepreneurial intention directly seen from the original sample value of 0.709 and T Statistics> 1.96, namely 12.766. Then, based on the P-Values value, it is 0.000 <0.05. Entrepreneurial attitude has a positive effect on entrepreneurial intentions directly seen from the original sample of 0.282 and T Statistics> 1.96, namely 4.829. Then, based on the P-Values value, it is 0.000 <0.05. Entrepreneurship education has a positive effect on entrepreneurial attitudes directly seen from the original sample of 0.866 and T Statistics> 1.96, namely 34.557. Then, based on the P-Values value, it is 0.000 <0.05. And the results of the indirect effect test of education have an effect on entrepreneurial intentions with entrepreneurial attitudes as a mediation between the two. The original sample value of the effect of these three variables is 0.245 and TStatistics is 4.655> 1.96. Then, based on the P-Values value of 0.000 <0.05. The sobel test results obtained a Z value of 12.817, because the Z value obtained was> 1.96 with a significance level of 5%. Therefore, it can be concluded that entrepreneurship education has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions with entrepreneurial attitudes as a mediation. Keywords : Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Attitudes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Henry Eryanto, MM ; 2. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 9478 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 17:23
Last Modified: 04 Mar 2021 17:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item