PENGEMBANGAN MEDIA “MISSING WORD” BERGAMBAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN(Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Rusun Apron, Kemayoran)

VIKA AGUSTIN, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA “MISSING WORD” BERGAMBAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN(Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Rusun Apron, Kemayoran). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan media yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun. Media ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan membaca anak. Penelitian ini merupakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi sebagai validator dan 4 orang anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di wilayah Rumah Susun Apron, Kemayoran. Penelitian merupakan penelitian pengembangan Media “Missing Word” Bergambar Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Berdasarkan hasil uji validitas yang diberikan oleh para ahli, yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh persentase ahli media sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan persentase penilaian ahli materi sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba kepada anak dengan nilai rekapitulasi Media “Missing Word” Bergambar mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian Media “Missing Word” Bergambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun. The aim of this research is to produce media that can be used to improve reading skills in children aged 5-6 years. This media is expected to be used as a learning medium to stimulate children's reading skills. This research is an ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. Respondents in this study were media experts and material experts as validators and 4 children aged 5-6 years. This research was conducted in the area of the Apron Flats, Kemayoran. This research is a research on the development of pictorial "Missing Word" Media to Improve Reading Ability in 5-6 Years Old Children. Based on the results of the validity test given by experts, namely media experts and material experts, the percentage of media experts is 95% very feasible and the percentage of material expert judgment is 86% with the very feasible category. Based on the results of trials with children with a recapitulation value of pictured "Missing Word" media, a percentage of 94% is obtained, categorized as very feasible. Based on the research results, pictured "Missing Word" media can be used as a learning medium in improving reading skills in children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9868 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:14
Last Modified: 11 Mar 2021 00:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item