HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEYAKINAN DIRI MAHASISWA DALAM BELAJAR PRAKTIK TARIGUNUNGSARI GAYA SURAKARTA PADA MAHASISWA SEMESTER 3 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TARI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ALFIAH MAULINA, . (2021) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEYAKINAN DIRI MAHASISWA DALAM BELAJAR PRAKTIK TARIGUNUNGSARI GAYA SURAKARTA PADA MAHASISWA SEMESTER 3 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TARI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar originalitas.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keyakinan Diri Mahasiswa Dalam Belajar Praktik Tari Gunungsari Gaya Surakarta Pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Pendidikan Tari. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Skripsi ini mendeskripsikan tentang hubungan antara kecerdasan emosional dengan keyakinan diri pada Mahasiswa Dalam Belajar Praktik Tari Gunungsari Gaya Surakarta Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi dengan tehnik pengumpulan data menggunakan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Jakarta yang sedang mengampu mata kuliah tari Jawa dengan materi tari Gunungsari gaya Surakarta dengan jumlah mahasiswa 48 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Multistage random, dengan jumlah penelitian sebanyak 32 responden yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data, mencakup: data angket, studi pustaka dan studi dokumen untuk memperoleh informasi dan data terkait dengan penelitian. Uji prasyarat statistik dengan uji normalitas sebesar 0.200 > (0.05), dan uji linearitas sebesar 0.963 karena nilai Sig. > α (0.05), sehingga data berdistribusi normal, serta menunjukkan garis regresi linier. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan keyakinan diri dalam belajar praktik tari Gunungsari gaya Surakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0.251 tingkat derajat hubungan korelasi yang rendah; 2) nilai nilai 〖r 〗_square sebesar 0.063 atau 6,3%; 3) Kecerdasan emosional dan keyakinan diri tidak mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada pembelajaran di bidang motorik. karena di masa pandemi ini bakat lebih berperan dalam penguasaan praktik tari. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Keyakinan Diri, Tari Gunungsari Gaya Surakarta. Relationship between Emotional Intelligence and Student Self-Efficacy in Learning the Practice of the Surakarta Style Gunungsari Dance in the 3rd Semester Students of the Dance Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. Thesis. Dance Education. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta. This thesis describes the relationship between emotional intelligence and self-efficacy in Students in Learning Surakarta Style Gunungsari Dance Practices for Students of the Dance Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. This study uses a quantitative correlation research method with data collection techniques using a survey. The population in this study were all 3rd semester students of the Dance Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta Jakarta, who were teaching Javanese dance subjects with the Surakarta-style Gunungsari dance material with a total of 48 students. The sampling technique used was multistage random, with a total of 32 respondents who were taken randomly. Data collection techniques include: questionnaire data, literature study and document studies to obtain information and data related to research. The statistical prerequisite test was with a normality test of 0.200> (0.05), and a linearity test of 0.963 because the Sig. > α (0.05), so that the data is normally distributed, and shows a linear regression line. The results of the study are as follows: 1) There is no relationship between emotional intelligence and self-confidence in learning the practice of the Surakarta style Gunungsari dance with a correlation coefficient of 0.251 with a low degree of correlation; 2) the value of 〖r〗 _square is 0.063 or 6.3%; 3) Emotional intelligence and self-efficacy are not able to have a significant effect on learning in the motor field. because during this pandemic, talent played a greater role in mastering dance practice. Keywords: Emotional Intelligence, Self Efficacy, Surakarta Style Gunungsari Dance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Dwi Kusumawardani,M.Pd. 2). Dra.Kartika Mutiarasari, M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 9619 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:26
Last Modified: 03 Mar 2021 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item