Survei Pelaksanaan Program Prakondisi SM-3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta

NIHAYA LASTARI, . (2016) Survei Pelaksanaan Program Prakondisi SM-3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NIHAYA LASTARI SKRIPSI BAB 1-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk memberi gambaran tentang program Prakondisi SM3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta dari sudut pandang peserta dan penyelenggara. Gambaran yang dimaksud ialah tahapan pelatihan yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi sesuai dengan teori Model Proses Pelatihan oleh Blanchard dan Thacker. Program Prakondisi SM-3T sendiri ialah pelatihan yang diberikan untuk membekali peserta SM-3T sebelum diberangkatkan ke daerah 3T. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan angket, wawancara dan observasi dokumen. Angket diisi oleh para peserta SM-3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta angkatan I, II, III dan IV. Wawancara dilakukan kepada Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pendidikan Profesi, Sertifikasi Guru dan Dosen. Observasi dokumen dilakukan di kantor Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Universitas Negeri Jakarta. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program Prakondisi SM-3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta belum menerapkan teori Model Proses Pelatihan dari Blanchard dan Thacker sepenuhnya. Tidak lengkapnya komponen strategi pelatihan yang dikembangkan dan digunakan serta ketiadaan tahapan evaluasi yang komprehensif mengakibatkan tujuan dari pelatihan ini pun belum tercapai sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd,; 2). Dr. Eveline Siregar, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 12:05
Last Modified: 12 Nov 2019 12:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item